Anak Usaha United Tractors Garap PLTS Atap di Pabrik Astra Daihatsu Motor

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Agu 2024, 09:48
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Energia Prima Nusantara dan Astra Daihatsu Motor. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Energia Prima Nusantara dan Astra Daihatsu Motor.

Ntvnews.id, Jakarta - PT Energia Prima Nusantara (EPN), anak usaha dari PT United Tractors Tbk (UT) menggarap proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Kerja sama ini merupakanekspansi energi terbarukan dan sebagai upaya yang signifikan dalam pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Direktur Pengembangan Bisnis EPN Achmad Rizal Roesindrawan, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan sebuah wujud nyata komitmen perusahaan untuk mendukung transisi menuju energi bersih di Indonesia.

"Kerja sama yang terjalin ini bukan hanya sebuah kemajuan teknologi, tetapi juga warisan bagi generasi mendatang. Kolaborasi dengan ADM menunjukkan komitmen kami untuk terus berinovasi dalam menyediakan solusi energi terbarukan yang berkelanjutan," ujar Achmad Rizal Roesindrawan dalam keterangannya, Kamis (8/8/2024).

Baca juga:  Laba Bersih United Tractors Turun 15 Persen, Jadi Rp9,5 Triliun Semester I 2024

Proyek PLTS atap ini menandai kepercayaan besar yang diberikan oleh ADM kepada EPN. Terdapat tiga fase yang dilakukan dalam pemasangan PLTS atap. Pada fase pertama dengan pemasangan berkapasitas 63 kWp.

Kemudian, di fase kedua dengan kapasitas 1,2 MWp. Dan yang terakhir pada fase ketiga dengan kapasitas 3,2 MWp.

Proyek ekspansi PLTS atap yang dijalankan oleh EPN dan ADM ini memiliki total kapasitas 8,1 MWp. Diperkirakan proyek ini dapat menghasilkan 10 GWh energi listrik per tahun dan mengurangi emisi karbon sekitar 8.500 ton CO2 per tahun dan setara dengan menanam 300.000 pohon.

Pelaksanaan proyek ini akan dilaksanakan di beberapa fasilitas ADM Karawang, termasuk Karawang Assembling Plant 2 dengan kapasitas 3,019 MWp, Karawang Assembling Plant 1 yang diperluas dengan kapasitas 2,988 MWp, Karawang Engine Plant yang diperluas dengan kapasitas 1,765 MWp, dan Karawang Casting Plant yang diperluas dengan kapasitas 0,5 MWp.

Baca juga: Daihatsu Xenia ADS Baru Hadir di GIIAS 2024, Tampil Lebih Sporty

Adapun semua instalasi ini diharapkan selesai antara Desember 2024 dan Februari 2025.

"Implementasi panel surya di fasilitas pabrik ADM merupakan bukti konkret dalam pemanfaatan energi bersih dan berkelanjutan. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung tujuan perusahaan dalam mencapai netralitas karbon," ujar Presiden Direktur ADM, Yasushi Kyoda.

Halaman
x|close