Perdana, Konsentrat Tembaga dari Papua Masuk ke Smelter Freeport di Gresik

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Jun 2024, 19:53
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kapal MV Unitama Lily bersandar di Pelabuhan Freeport di JIIPE Gresik. Kapal tiba pada Jumat (21/6) Kapal MV Unitama Lily bersandar di Pelabuhan Freeport di JIIPE Gresik. Kapal tiba pada Jumat (21/6)

Ntvnews.id, Jakarta - PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima pengiriman perdana konsentrat tembaga di smelter PTFI di kawasan JIIPE Gresik, Jawa Timur pada Jumat (21/6/2024).

Konsentrat tembaga itu diangkut menggunakan Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kapal ini membawa total 22.000 ton konsentrat tembaga dimana 10.000 ton dimurnikan di smelter pertama PTFI yaitu PT Smelting. Kemudian sebanyak 12.000 ton menjadi pasokan utama smelter baru PTFI yang beroperasi bulan ini.

Selanjutnya kontentrat dipindahkan dan ditempatkan dalam Concetrate Barn sebelum diproses lebih lanjut nantinya di Flash Smelting Furnance (FSF).

"Secara garis bersar terdapat tiga proses yang harus dilalui konsentrat sebelum menjadi lembaran katoda tembaga, yakni proses material handling konsentrat, proses peleburan di Furnance dan pemurnian di Electrorefinery," tulis manajemen PTFI dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/6/2024).

Konsentrat tembaga di conveyor belt smelter PTFI dari pelabuhan ke Concentrate Barn. Konsentrat tembaga di conveyor belt smelter PTFI dari pelabuhan ke Concentrate Barn.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengatakan, smelter PTFI di kawasan JIIPE Gresik akan diresmikan minggu depan.

"Actually minggu depan kita akan coba untuk meresmikan itu, termasuk pengoperasiannya. Jadi semuanya sudah lihat sudah berfungsi baik," ucapnya saat acara MINDialogue dikutip, Sabtu (22/6/2024).

Halaman
x|close