Soal Anggaran Makan Bergizi Gratis Rp15.000 Per Anak Mau Dipangkas, Ini Kata Airlangga

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Jul 2024, 09:10
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tanggapi soal nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar AS (Ntvnews.id/Muslimin Trisyuliono) Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tanggapi soal nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar AS (Ntvnews.id/Muslimin Trisyuliono)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto buka suara soal isu pemangkasan anggaran makan bergizi gratis dari Rp15.000 menjadi Rp7.500 hingga Rp9.000 per anak.

Menko Airlangga mengatakan, anggaran makan bergizi gratis masih tetap sesuai yang diajukan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Kendati demikian, ia menambahkan untuk implementasi program tersebut akan bersifat fleksibel.

"Dalam RAPBN masih sama, namun nanti untuk implementasi punya fleksibilitas," ucap Airlangga dikutip, Rabu (17/7/2024).

Baca juga: Banggar DPR Tak Masalahkan Anggaran Rp 71 Triliun untuk Makan Bergizi Gratis

Adapun isu pemangkasan anggaran program makan bergizi gratis muncul usai ekonom Verdhana Sekuritas Heriyanto Irawan mengaku telah bertemu dengan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran.

Heriyanto menceritakan bahwa tim presiden terpilih masih mempertimbangkan untuk menurunkan biaya makanan per hari.

"Setelah dikomunikasikan angka Rp71 triliun, tim ekonomi presiden terpilih memikirkan apakah biaya makanan per hari itu bisa diturunkan lebih hemat dari Rp15.000 ke Rp9.000 atau Rp7.500. Bisa kita pahami tentunya mereka mau program itu menyentuh lebih banyak rakyat,” ujar Heriyanto Dalam Market Outlook 2024.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan anggaran makan bergizi gratis sudah disiapkan dalam RAPBN 2025.

Baca juga: Makan Bergizi Gratis Dijatah Jokowi Rp71 Triliun di 2025, Tim Prabowo: Teknisnya Dalam Proses Internal

Bendahara Negara itu menyebut program andalan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto itu akan mendapatkan alokasi anggaran bertahap di mulai sebesar Rp71 triliun pada 2025.

"Presiden terpilih telah menyampaikan bahwa beliau menyetujui pelaksanaan program makan bergizi gratis atau MBG dilaksanakan secara bertahap. Dan untuk tahun pertama pemerintahan beliau tahun 2025 telah disepakati sekitar Rp71 triliun di dalam RAPBN tahun 2025," ucap Sri Mulyani di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Halaman
x|close