Kemenperin Ungkap Alasan Sepatu Bata Tutup Pabrik di Purwakarta

NTVNews - 8 Mei 2024, 20:57
Muslimin
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
PT Sepatu Bata Tbk Purwakarta PT Sepatu Bata Tbk Purwakarta (TikTok fspmisepatubata)

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Perindustrian telah bertemu dengan Manajemen PT Sepatu Bata Tbk terkait isu penutupan pabrik Sepatu Bata di Purwakarta.

Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki (ITKAK) Adie Rochmanto Pandiangan mengatakan, keputusan penutupan produksi oleh manajemen Bata berkaitan dengan strategi bisnis yang dilakukan dalam rangka refocusing pada lini penjualannya.

"Direksi menyampaikan, dalam rangka efisiensi dan memperhatikan trend pasar yang cepat dan bervariasi, maka PT Sepatu Bata Tbk fokus pada pengembangan produk dan desain yang memenuhi selera pasar," ujar Adie dalam keterangannya, Rabu (8/5/2024).

Kemudian manajemen Bata menyampaikan, pabrik Purwakarta sebenarnya hanya bagian kecil dari keseluruhan bisnis perusahaan. Dari sisi produksi masih sangat kecil jika dibandingkan dengan produsen sepatu lainnya.

"Karenanya menurut manajemen, penutupan pabrik Purwakarta merupakan langkah paling realistis," ungkap Adie.

Adie melanjutkan, perusahaan berpendapat fokus pada bisnis retail penting untuk dilakukan dalam rangka mengembalikan kinerja bisnis dan penjualan yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

Adie menyampaikan, manajemen Bata berjanji strategi bisnis ini tetap menjamin produk yang dijual masih bersumber dari produsen dalam negeri yang selama ini bekerja sama dengan mereka, seperti PT Prestasi Ide Jaya dan enam pabrik lainnya.

Halaman
x|close