Ini Bahaya Skincare Etiket Biru yang Patut Diwaspadai!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Okt 2024, 08:00
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Skincare Ilustrasi Skincare (FreePik)

Ntvnews.id, Jakarta - Istilah "skincare etiket biru" masih jadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat, terutama di antara para penggemar perawatan kulit.

Fenomena ini merujuk pada produk perawatan kulit yang beredar tanpa izin resmi dan berhubungan dengan praktik ilegal yang dapat merugikan konsumen.

Memakai skincare etiket biru tanpa adanya pengawasan ahli tentu berbahaya. Penasaran? Mari simak ulasannya di bawah ini yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

Bahaya Pakai Skincare Etiket Biru

Ilustrasi Skincare <b>(ANTARA Kalteng)</b> Ilustrasi Skincare (ANTARA Kalteng)

Penggunaan skincare yang memiliki etiket biru secara sembarangan dan tanpa pengawasan bisa sangat berisiko. Banyak efek samping yang mungkin muncul.

Salah satunya, penggunaan hidrokuinon tanpa pengawasan medis dapat menyebabkan okronosis eksogen, yaitu kondisi kulit yang ditandai dengan adanya pigmen kebiruan di wajah.

Selain itu, produk skincare dengan etiket biru sering mengandung kortikosteroid. Tanpa pengawasan dokter, penggunaan bahan ini berisiko tinggi.

Contohnya, bisa timbul telangiektasis, atrofi kulit, hingga hipopigmentasi. Penggunaan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan hirsutisme, yaitu pertumbuhan rambut halus di wajah.

Halaman
x|close