Ntvnews.id, Jakarta - Perayaan tahunan untuk memperingati kiprah topi fitted klasik kembali digelar di Indonesia oleh New Era. Dalam perayaan yang mengusung tema “The Fitted Family” ini, topi yang telah menjadi bagian penting dalam olahraga dan budaya pop sejak era 1950-an dirayakan sebagai simbol yang mempersatukan berbagai kalangan, dari atlet profesional hingga para penggemar kasual.
Topi jenis ini pertama kali dikenalkan pada 1954 sebagai hasil inovasi dari Harold Koch, yang mendesain ulang topi baseball menjadi model fitted tanpa tali pengatur, dengan crown kokoh dan visor datar. Sejak saat itu, desain tersebut ditetapkan sebagai standar resmi untuk seluruh tim Major League Baseball (MLB) dan berkembang menjadi ikon gaya yang dikenal luas di komunitas fashion, musik, dan olahraga.
“Topi ini nggak cuma eksis di komunitas baseball, tetapi juga olahraga lain seperti basket dan sepakbola, serta komunitas hip hop, otomotif, K-pop, fashion, sampai wellness. Kami sangat percaya dengan kekuatan komunitas dan ingin terus memperluas variasi koleksi kami, tentunya tanpa melupakan cultural roots topi ini yaitu komunitas baseball, makanya kami rayakan dengan menyuguhkan pengalaman batting cage,” kata Martina Harianda Mutis, Sports Brand Marketing General Manager MAP Active dalam keterangannya, Selasa, 20 Mei 2025.
Lima siluet baru turut diperkenalkan dalam rangkaian acara ini, termasuk model terbaru Split Panel. Koleksi New Era terbaru antara lain model klasik berbahan Specialty Moon fabric berwarna hitam, Low Profile dengan nuansa biru-putih dari bahan pinstripe denim, Retro Crown abu-abu berbahan Om Melton Wool, A-Frame dengan aksen katun dan Split Panel dari bahan Ripstop nylon
Split Panel hadir dengan desain tiga panel unik yang memberikan ruang lebih luas untuk desain bordir atau sablon di bagian depan.
Rayakan Budaya Streetwear dan Baseball Lewat Event Topi Unik dan Interaktif (New Era)
Logo dari berbagai liga olahraga seperti MLB (New York Yankees, LA Dodgers, Chicago White Sox), NBA (Chicago Bulls, Lakers, Celtics), dan NFL (New York Giants, Las Vegas Raiders) tetap menjadi elemen utama dalam desain topi-topi ini.
“Topi ini bisa jadi statement berekspresi untuk siapa saja. Kunci kenyamanan maksimal adalah menemukan ukuran yang pas, karena fitted cap itu soal presisi. Begitu ukuran yang tepat ditemukan, topi ini bisa disesuaikan dengan gaya pribadi, mau tampil clean dan minimalis, atau mix and match dengan outfit bold. Dengan siluet yang clean dan timeless, cocok dipakai siapa saja, baik cowok maupun cewek, dengan gaya edgy, street, atau bahkan yang lebih simple,” ujar Joshua Prakoso Wibowo, Brand Marketing Manager MAP Aktif Adiperkasa.
Perayaan ini juga menghadirkan pengalaman interaktif yang mengajak komunitas lebih dekat dengan budaya baseball. Bersama komunitas penggemar topi Indonesia Caps Club (ICC), diselenggarakan pameran bertajuk “Caps Museum” yang menampilkan 12 topi on-field serta 30 model langka.
Beberapa koleksi spesial yang dipamerkan meliputi Milwaukee Brewers 1982–1984 On-Field Cap, topi pertama dengan lisensi resmi MLB, Cleveland Indians 59th Years, dibuat dari wool kasmir untuk merayakan ulang tahun ke-59 New Era dan Split Color edisi 100 tahun yang dijuluki “Scarface”, dirilis pada 2020.
Sebagai bagian dari rangkaian acara, pengunjung juga diajak mencoba permainan interaktif seperti Hit Trax Home Run Derby, Pitching Challenge (Strike ‘Em Out), dan Hitting Challenge (Swing for the Fences). Semua aktivitas ini dilakukan menggunakan topi on-field untuk pengalaman yang lebih autentik.
Tak ketinggalan, tersedia pula Cap Fitting Lounge bagi pengunjung yang ingin menyesuaikan ukuran topi serta menambahkan bordir personal agar lebih sesuai dengan gaya masing-masing.