Libur Panjang, Begini Penampakan Macet di Cianjur dan Puncak Bogor

NTVNews - 11 Mei 2024, 19:55
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Jalur Puncak Bogor Jalur Puncak Bogor (Instagram @infopuncak.bgr)

Ntvnews.id, Cianjur - Kemacetan terjadi di jalur Puncak Bogor hingga wilayah Cianjur, Jawa Barat di libur panjang kenaikan Yesus Kristus dari Kamis 9 Mei hingga 12 Mei 2024. Banyak warga yang menghabiskan liburan panjang ini menuju kawasan wisata yang dekat dengan kota Jakarta itu.

Menurut keterangan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur, Ajun Komisaris Polisi Anjar Maulana, ada 500 polisi yang bersiaga di jalur utama Cianjur untuk mengurai kemacetan.

"Hingga Sabtu petang volume kendaraan yang melintas mengalami peningkatan sehingga menyebabkan antrean di titik rawan sepanjang jalur Puncak. Kendati demikian, tidak menyebabkan kemacetan," kata Anjar, Sabtu malam dikutip Antara.

Ilustrasi macet di Puncak Bogor <b>(Instagram @infopuncak.bgr)</b> Ilustrasi macet di Puncak Bogor (Instagram @infopuncak.bgr)

Dari laporan yang diterima Anjar, antrean kendaraan dengan laju tersendat terlihat di sejumlah titik di jalur Puncak-Cipanas seperti di Pertigaan Hanjawar, Pertigaan Cibodas, dan Pasar Cipanas. Sejumlah petugas melakukan pagar betis guna mengatur arus lalu lintas agar normal kembali.

Perwira menengah polisi itu mengatakan, pihaknya memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor saat petang guna mencairkan antrean di wilayah hukum Bogor setelah sejumlah tempat wisata di kawasan Puncak-Bogor dan Puncak-Cianjur mulai tutup sehingga volume kendaraan meningkat kembali.

"Rekayasa sistem satu arah diberlakukan setelah berkoordinasi dengan Polres Bogor. Ini sifatnya situasional. Setelah antrean mencair, akan kembali diberlakukan normal," katanya.

Hal yang sama akan diberlakukan pada Minggu pagi dan petang, volume kendaraan diperkirakan akan kembali meningkat seiring dengan masa berakhirnya libur panjang, bahkan pihaknya akan memberlakukan rekayasa arus ketika antrean dengan laju terhenti selama beberapa menit.

Halaman
x|close