Kata Ilmuan soal Gurun Sahara Menghijau

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Sep 2024, 08:00
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Fenomena Gurun Sahara Menghijau Fenomena Gurun Sahara Menghijau (NASA)

Ntvnews.id, Sahara - Dikenal sebagai wilayah yang gersang, kawasan sahara jarang terlihat memiliki tanaman hijau atau pepohonan. Namun, baru-baru ini setelah hujan lebat yang jarang terjadi, warna hijau mulai muncul dan terlihat bahkan dari luar angkasa, memicu kekhawatiran di kalangan ilmuwan.

Satelit menangkap pertumbuhan tanaman yang tidak biasa di beberapa bagian selatan Sahara, wilayah yang umumnya kering. Ini terjadi setelah badai besar melanda daerah tersebut, yang juga menyebabkan banjir.

Dilansir dari CNN Internasional, Selasa, 17 September 2024, menurut para ilmuwan, fenomena ini kemungkinan besar terjadi akibat pemanasan global yang disebabkan oleh polusi.

Baca Juga: Luhut Pede Dampak Perubahan Iklim Bisa Teratasi

Hujan di wilayah utara khatulistiwa Afrika biasanya meningkat antara Juli hingga September selama Musim Monsun Afrika Barat. Namun, sejak pertengahan Juli, zona hujan ini telah bergeser lebih jauh dari posisi normalnya, membawa badai ke selatan Sahara. Akibatnya, wilayah Sahara ini menjadi dua hingga enam kali lebih basah dari biasanya.

Karsten Haustein, seorang peneliti iklim dari Universitas Leipzig, menyatakan bahwa ada dua kemungkinan penyebab perubahan ini. Pertama, transisi dari El Nino ke La Nina mempengaruhi pergeseran zona tersebut. Selain itu, pemanasan global juga memainkan peran penting dalam perubahan ini.

"Zona Konvergensi Intertropis, yang menyebabkan penghijauan di Afrika, bergerak lebih jauh ke utara seiring dengan peningkatan suhu dunia," jelas Haustein.

Halaman
x|close