Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan program wisata pengenalan atau familiarization trip (famtrip) bagi pelaku usaha perjalanan wisata dari kawasan Asia Selatan dan Tengah (Asselteng), dengan tujuan mengunjungi lima destinasi wisata, yaitu Jakarta, Bandung, Bintan, Yogyakarta, dan Bali.
“Kegiatan famtrip ini bertujuan untuk menjaga eksistensi Indonesia sebagai top of mind destination di pasar mancanegara khususnya di kawasan Asia Selatan dan Tengah," kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, dikutip dari Antara, Kamis, 14 November 2024.
Made menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan melalui pemasaran kolaboratif, dengan melibatkan sinergi antara Kemenparekraf dan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perwakilan Indonesia di luar negeri, industri perhotelan, agen perjalanan, restoran, atraksi wisata, maskapai penerbangan, serta event organizer (EO) sebagai mitra.
Baca Juga: Gibran Tinjau Langsung Pengungsi Korban Erupsi Gunung Lewotobi di Flores Timur
Sebanyak 38 perwakilan perusahaan perjalanan wisata dari India, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka, dan Uzbekistan turut ambil bagian dalam famtrip ini.
Peserta famtrip dibagi menjadi tiga kelompok yang mengunjungi destinasi Jakarta-Bandung, Bintan, dan Yogyakarta pada tanggal 9-12 November 2024, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Bali pada 12-16 November 2024.
Rangkaian kegiatan famtrip ini ditutup dengan Business Gathering/Tabletop, yang berfungsi sebagai ajang pertemuan bisnis antara perusahaan-perusahaan dari kawasan Asselteng dan mitra industri pariwisata Indonesia.