Ntvnews.id, Jakarta - Mulai hari ini, Kamis, 10 Juli 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan terobosan baru demi memanjakan pelanggan. Kini, penumpang bisa memesan tiket kereta api lebih fleksibel melalui aplikasi Access by KAI dan situs https://booking.kai.id, bahkan hingga mendekati waktu keberangkatan—lebih dekat dari batas sebelumnya yang hanya memperbolehkan pemesanan maksimal 1 jam sebelum kereta berangkat. Inovasi ini menjadi bagian dari upaya KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa kebijakan baru ini dihadirkan sebagai upaya untuk memberikan keleluasaan lebih bagi pelanggan, khususnya mereka yang harus melakukan perjalanan secara mendadak.
“Kini, pemesanan tiket KA antar kota dapat dilakukan hingga 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, sedangkan untuk KA perkotaan hingga 10 menit sebelum keberangkatan,” kata Anne.
Penyesuaian ini berlaku untuk semua pemesanan digital yang dilakukan melalui aplikasi Access by KAI dan situs resmi booking.kai.id. Bagi pelanggan yang belum memperbarui aplikasi, disarankan segera melakukan update ke versi minimal 6.12.1 (Android) atau 6.13.0 (iOS) agar dapat menikmati kemudahan fitur terbaru ini.
Sebagai langkah untuk meningkatkan akurasi data dan keamanan perjalanan, seluruh penumpang Warga Negara Indonesia (WNI), termasuk bayi (infant), kini diwajibkan mengisi data diri menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sementara itu, bagi Warga Negara Asing (WNA), pengisian data dilakukan menggunakan nomor identitas yang tertera pada paspor.
Aplikasi Access by KAI kini juga mendukung pembelian tiket dengan tarif khusus atau Go Show, yang bisa dilakukan mulai dua jam sebelum kereta berangkat selama kursi masih tersedia. Fitur ini menjadi pilihan menarik bagi pelanggan yang ingin bepergian secara lebih hemat dan spontan.
KAI pun terus mengajak masyarakat untuk beralih ke layanan digital yang lebih cepat, praktis, dan aman. Lewat pemesanan tiket yang kini makin fleksibel, KAI berharap dapat memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang semakin dinamis.
“Transformasi digital terus kami lakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Fitur ini menjadi salah satu upaya KAI dalam menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, efisien, dan sesuai dengan ritme kehidupan modern yang serba mendadak,” ujar Anne.
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan KAI melalui Contact Center 121, aplikasi Access by KAI, atau melalui akun media sosial resmi @KAI121_.
Baca juga: Tiket Kereta Ekonomi Non Subsidi Diskon 30 Persen, Catat Tanggal dan Syaratnya
(Sumber: Antara)