Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Pariwisata terus menggencarkan promosi pariwisata Tanah Air ke panggung global. Kali ini, melalui kampanye luar ruang "Wonderful Indonesia", Indonesia hadir di dua kota besar Eropa, Berlin dan Roma, selama periode 1 hingga 31 Juli 2025.
"Ini juga mendukung program unggulan Kementerian Pariwisata, yang berfokus pada penciptaan pengalaman perjalanan yang mendalam, personal, dan autentik yang menawarkan perjalanan bermakna yang berakar pada budaya, alam, dan tradisi lokal," ujar Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, dalam keterangan resminya dari Jakarta, Jumat, 11 Juli 2025.
Kampanye tahun ini mengedepankan promosi Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) serta destinasi regeneratif, mencakup kawasan unggulan seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Lombok-Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan tentu saja, Bali.
"Wonderful Indonesia" menyoroti kekayaan alam, keberagaman budaya, dan pengalaman wisata berkualitas tinggi yang ditawarkan Indonesia bagi para wisatawan yang menginginkan petualangan sekaligus kenyamanan yang tak terlupakan.
Di Berlin, promosi dilakukan melalui dua unit open great bus yang sepenuhnya dibalut dengan desain "Wonderful Indonesia". Bus tersebut beroperasi melewati sejumlah titik strategis seperti Kurfürstendamm, Lützowplatz, Gendarmenmarkt, Alexanderplatz, Karl-Marx Allee, East Side Gallery, Neptune Fountain, hingga DomAquaree dan Elefantentor.
Tak hanya itu, satu unit layar digital raksasa juga dipasang di kawasan Kurfürstendamm, yang dikenal sebagai pusat perbelanjaan paling ikonik dan ramai di Berlin.
Sementara di Roma, promosi serupa dilakukan dengan dua unit open great bus yang melintasi berbagai landmark kota seperti Stazione Termini, Santa Maria Maggiore, Colosseo, Circo Massimo, Piazza Venezia, Castel Sant’Angelo, Via Vittorio Veneto, dan Piazza Barberini.
Ada pun di titik lainnya, Kementerian Pariwisata juga menempatkan satu unit digital maxi billboard di Piazza del Risorgimento, area strategis yang berdekatan dengan Vatikan dan selalu dipadati wisatawan. Tambahan promosi juga dilakukan melalui satu layar digital di Piazzale Flaminio, yang merupakan pintu masuk utama menuju jantung kota Roma.
"Kampanye ini juga menjadi cerminan komitmen kuat Indonesia terhadap pariwisata berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi inklusif, terutama di tengah pemulihan global dalam perjalanan selama musim liburan musim panas," kata Made.
Ia menegaskan, pesan utama dari kampanye ini adalah bahwa Indonesia siap menyambut para pelancong dunia dengan pengalaman perjalanan yang aman, hangat, dan tak terlupakan.
(Sumber: Antara)