Mengenal Asal-usul Nama Isa Almasih

NTVNews - 8 Mei 2024, 12:42
Habieb Febriansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi salib Ilustrasi salib (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Penelitian mengungkap asal-usul nama "Isa Almasih" yang sering disebut dalam agama Kristen dan Katolik. Dengan meneliti berbagai sumber sejarah dan teologi, para ahli telah mengungkapkan makna mendalam di balik nama ini.

Dalam bahasa Arab, "Isa Almasih" berasal dari "Isa" yang dikenal di Yunani sebagai "Isho," yang pada akhirnya berasal dari nama Ibrani "Yeshu" atau "Yesus" dalam bahasa Inggris. Sedangkan "Almasih" berasal dari kata "Al-Masiyah" dalam bahasa Arab, yang memiliki arti "yang diurapi."

Dalam konteks Yahudi, "Almasih" mengacu pada orang yang dipilih secara khusus atau diurapi, sering kali dengan penggunaan minyak yang menjadi tanda jabatan atau pangkat istimewa. Konsep ini mirip dengan apa yang diyakini oleh umat Kristen tentang Yesus Kristus sebagai juru selamat yang diurapi untuk menyelamatkan umat manusia.

Gelar "Mesias" atau "Kristus" sendiri adalah salah satu gelar bagi Yesus, menandakan peran dan misinya dalam agama Kristen. Ini menegaskan keyakinan umat Kristen bahwa Yesus adalah sosok yang telah dijanjikan dalam nubuat untuk membawa keselamatan dan perdamaian kepada umat manusia.

Temuan ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana nama "Isa Almasih" mencerminkan keyakinan dan harapan umat Kristen dan Katolik atas kedatangan dan peran Yesus Kristus dalam sejarah dan masa depan umat manusia.

Halaman

TERKINI

Ngeri! Aksi Koboy Pengendara Mobilio Bikin Resah

Nasional Jumat, 20 Sep 2024 | 07:19 WIB

2 Dokter Baku Hantam Gegara Rebutan Perawat

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 05:55 WIB

Kambing Mirip Alien Lahir dan Gemparkan Warga

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 05:45 WIB

PKS Targetkan Ini dalam Pilkada Serentak 2024

Politik Jumat, 20 Sep 2024 | 05:09 WIB

Ini Jumlah Anggaran Makan Bergizi yang Disetujui oleh DPR

Nasional Jumat, 20 Sep 2024 | 04:55 WIB

Seorang Wanita Keguguran Diseruduk Anjing, Berujung Hal Ini

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 04:45 WIB

Barat Kini Pertimbangkan Dukung Ukaraina dalam Perang, Kenapa?

Luar Negeri Jumat, 20 Sep 2024 | 04:35 WIB
Load More
x|close