Sah, Juventus Umumkan Thiago Motta Sebagai Pelatih Barunya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Jun 2024, 08:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Thiago Motta, pelatih baru Juventus Thiago Motta, pelatih baru Juventus (Akun X Juventus)

Ntvnews.id, Jakarta - Rakasa Serie A, Juventus resmi mengumumkan Thiago Motta sebagai pelatih baru menggantikan Massimiliano Allegri yang didepak bulan lalu.

Pengumuman ini disampaikan Juventus lewat situs resmi mereka. Pada pengumuman itu disebutkan kalau Motta akan menangani Si Nyonya Tua hingga 30 Juni 2027 mendatang. 

Sebelum ke Juventus, Motta sebelumnya menangani tim Liga Italia lainnya, Bologna. Ia sukses membawa klub itu tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya sepanjang sejarah mereka, dengan menduduki posisi kelima di klasemen akhir musim 2023/2024.

“Saya benar-benar gembira untuk memulai babak baru sebagai pemimpin klub besar seperti Juventus. Saya berterima kasih kepada para pemilik dan manajemen, yang dapat memastikan ambisi saya untuk tetap mengibarkan bendera Juventus setinggi-tingginya dan menyenangkan para penggemar,” kata Motta menanggapi pengangkatannya sebagai pelatih baru Juventus. 

Kontrak Motta di Bologna memang telah habis pada akhir musim lalu. Dia kemudian memilih untuk hengkang dari klub itu dan memulai petualangan baru di Turin.

Motta lahir di Brazil, tetapi memiliki kewarganegaraan Italia dan telah tampil 30 kali untuk timnas Italia, dengan koleksi satu gol.

Skuad Juventus <b>(Instagram)</b> Skuad Juventus (Instagram)

Karier bermainnya mulai menarik perhatian publik saat memperkuat Genoa pada 2008, kemudian saat ia berseragam Inter Milan sampai Januari 2012. Motta mengakhiri karier bermainnya di raksasa Prancis, PSG, yang dibelanya dari 2012 sampai 2018.

Saat ini Motta berusia 41 tahun dan menghabiskan seluruh karier kepelatihannya di Italia. Ia pertama kali melatih Genoa pada Oktober 2019 dan hanya bertahan di sana selama sepuluh pertandingan, untuk kemudian menjadi pelatih Spezia dan Bologna.

Halaman
x|close