Kisah Raden Saleh Jadi Inspirasi Seragam Defile Indonesia di Olimpiade Paris 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Jul 2024, 17:15
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Baju rancangan Didit Baju rancangan Didit (Instagram @timindonesiaofficia)

Ntvnews.id, Paris - Acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 bakal digelar di Sungai Seine, Jumat (26/7/2024) waktu setempat. Sebanyak 14 atlet dan ofisial dari Indonesia akan ambil bagian. 

Atlet judo putri Maryam March Maharani terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Dia akan berjalan bersama perwakilan kontingen Indonesia lainnya seperti atlet balap sepeda Bernard Bernjamin van Aert dan dua atlet renang, Azzahra Permatahani dan Joe Aditya. Selain atlet, acara defile kontingen Indonesia juga akan diikuti oleh Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie.

Acara defile biasanya jadi momen yang paling ditunggu di setiap pembukaan Olimpiade. Sebab di sinilah masing-masing negara peserta diperkenalkan. Sesi ini juga kerap mencuri perhatian lewat keunikan seragam-seragam yang dikenakan oleh atlet dan ofisial yang mengikuti parade tersebut. 

Untuk Indonesia, seragam defile kembali dipercayakan Didit Hediprasetyo. Kali ini, putra Prabowo Subianto itu mengusung tema yang sangat kental dengan budaya tradisional Indonesia.  

Seragam Indonesia untuk pembukaan Olimpiade Paris 2024 rancangan Didit <b>(Instagram @timindonesiaofficial)</b> Seragam Indonesia untuk pembukaan Olimpiade Paris 2024 rancangan Didit (Instagram @timindonesiaofficial)

Mengutip rilis yang diterbitkan NOC Indonesia, teknik pengerjaan tangan berkualitas tinggi berpadu modern dengan kesederhanaan filosofi desain tradisional Indonesia tercermin dalam desain yang dibuat Didit Hediprasetyo. Kreasi Didit Hediprasetyo memberi perspektif baru atas desain yang memuliakan performa prima atletik dengan kekayaan budaya.

Setiap koleksi adalah bentuk penghormatan terhadap warisan budaya Indonesia, yang sejalan dengan asal usul para atlet, dan membangkitkan semangat persatuan dan nasionalisme. Sosok Raden Saleh, seorang pionir pelukis beraliran Romantisme asal Jawa jadi inspirasi koleksi ini.

Kisah perjalanan Raden Saleh dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional. Karya-karya lukisannya yang menghiasi dinding Rijksmuseum dan Louvre merupakan wujud perpaduan antara budaya Jawa dan romantisme Eropa, sebuah perpaduan yang diimplemetasikan Didit dengan elegan.

“Saya begitu bersyukur dapat merancang seragam resmi parade pembukaan untuk para atlet yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2024 di Paris. Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia,” tutur Didit Hediprasetyo.

Halaman
x|close