Kawasaki Eropa Jadi Target Serangan Siber, RansomHub Klaim Bertanggung Jawab

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Sep 2024, 15:41
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrasi. Motor Kawasaki. (Foto: Kawasaki) Ilustrasi. Motor Kawasaki. (Foto: Kawasaki)

Ntvnews.id, Jakarta - Kawasaki Motors Europe (KME) secara resmi mengonfirmasi pihaknya menjadi target serangan siber pada awal September 2024.

Kendati serangan tersebut "tidak berhasil", namun perusahaan terpaksa melakukan isolasi terhadap server mereka sebagai wujud upaya pencegahan.

Melansir Cybersecurity News, Senin (16/9/2024), dalam pernyataan resmi yang dirilis pada 12 September 2024, KME menjelaskan jika departemen IT perusahaan, bersama dengan pakar keamanan siber eksternal, telah melakukan pemeriksaan serta pembersihan seluruh server.  

Hingga awal pekan ini, lebih dari 90 persen fungsi server KME telah dipulihkan serta kembali terhubung ke jaringan perusahaan.

Namun, kondisi semakin serius ketika kelompok ransomware terkenal, RansomHub mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Pada 5 September, kelompok tersebut menambahkan Kawasaki ke portal pemerasan mereka di dark web, dengan tuduhan mereka telah mencuri 487 GB data dari jaringan Kawasaki.

RansomHub bahkan menetapkan countdown (hitung mundur), disertai ancaman bakal mempublikasikan seluruh data yang dicuri jika tuntutan mereka tidak dipenuhi sebelum tenggat waktu yang ditetapkan tersebut. 

Halaman
x|close