Gaharnya Spesifikasi Mobil Maung yang Digunakan Jokowi Cek Pasukan Upacara HUT ke-79 TNI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Okt 2024, 06:00
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan kendaraan Maung Pindad pada HUT ke-79 TNI/Ist Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan kendaraan Maung Pindad pada HUT ke-79 TNI/Ist

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan kendaraan Maung buatan dari PT. Pindad (Persero) pada HUT ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat hari ini, Sabtu (5/10/2024).

Kendaraan tersebut digunakan Jokowi untuk mengecek kesiapan pasukan yang didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Terlihat Jokowi memeriksa pasukan yang berbaris di seluruh bundaran Monas. Ratusan ribu personel nampak berbaris rapi sesuai dengan satuan dari matranya masing-masing.

Dikutip dari laman Pindad pada Sabtu (5/10), Maung merupakan kendaraan operasional satuan  TNI untuk medan offroad yang diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.

Baca juga:  Jadi Inspektur Upacara HUT ke-79 TNI, Jokowi Cek Kesiapan Pasukan Naik Mobil Maung

Kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit dan handal untuk mendukung mobilitas penggunanya.

Maung dapat mengangkut 4 orang personel dan memiliki 5 pintu yang dapat diakses yakni 4 pintu samping dan 1 pintu belakang.

Maung juga tersedia dengan pilihan atap menggunakan Hard Top, Soft Top dan atap terbuka.

Soal spesifikasi, Maung menggunakan mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 HP, Kendaraan ini dapat melaju di kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km.

Suspensi depan menggunakan independent coil spring, sementara suspensi belakang menggunakan rigid atau independent with shock absorber.

Baca juga: Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Dibawa Pakai Maung Dari Monas Menuju Halim

Dalam HUT ke-79 TNI turut dihadiri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin serta Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Peringatan HUT ke-79 TNI memiliki tema 'TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Untuk Indonesia Maju'.

Halaman
x|close