Ntvnews.id, Jakarta - Di tengah pasar otomotif yang sudah dipenuhi oleh SUV mewah, tetap saja ada sensasi tersendiri saat membayangkan sebuah SUV ultra-premium diubah menjadi truk pickup.
Apalagi jika SUV tersebut adalah Toyota Century, ikon kemewahan otomotif Jepang. Century, yang kerap disebut sebagai "Rolls-Royce-nya Jepang", dikenal dengan kenyamanan ekstrem, kabin senyap, dan desain elegan yang tidak mencolok.
Toyota bahkan pernah membuat versi atap terbuka dari mobil ini untuk acara kenegaraan. Tapi bagaimana jika Century mengambil bentuk yang lebih ekstrem, yakni sebuah truk pickup?
Inilah yang dibayangkan seniman digital Theophilus Chin alias Theottle. Dilansir dari Carscoops, Senin, 16 Juni 2025, dalam rendering terbarunya, dia menyulap Century menjadi sebuah truk pickup besar dengan sentuhan kemewahan khasnya.
Terinspirasi Toyota Tundra, hasil akhirnya adalah kendaraan yang tampak seolah-olah baru saja mengantar anak-anak ke sekolah elite, lalu melaju ke vila mewah di pegunungan.
Modifikasi ini tidak sembarangan, Theottle menggunakan Tundra sebagai dasar desainnya. Sebagai perbandingan, Tundra memiliki panjang antara 5,9 hingga 6,4 meter, jauh lebih besar dari SUV Century yang "hanya" 5,2 meter.
Versi pickup ini tentunya memiliki dimensi lebih panjang dan jarak sumbu roda yang lebih besar untuk menampung bak truk standar berukuran 5,5 kaki.
Tampilan depannya tetap mempertahankan wajah khas Century dengan grille megah dan aksen bi-tone yang elegan.
Profil sampingnya diubah untuk mengakomodasi kabin luas ala "Crew Max". Garis atap dihiasi aksen krom, dan rel atap yang ramping menambah sentuhan premium.
Di bagian belakang, lampu belakang dari SUV tetap digunakan, memberi identitas kuat jika ini bukan truk biasa.
Di bawah kap mesin, Century SUV aslinya menggunakan sistem plug-in hybrid dengan tenaga gabungan 406 hp, berkat mesin V6 3,5 liter naturally aspirated dan motor listrik.
Tenaga disalurkan melalui transmisi e-CVT dan sistem penggerak empat roda E-Four Advanced milik Toyota.
Namun perlu diingat, Century dibangun di atas platform unibody TNGA-K, bukan sasis ladder-frame seperti Tundra atau Land Cruiser.
Artinya, meski tampil seperti truk tangguh, kendaraan ini tetap lebih cocok untuk kenyamanan jalan raya ketimbang tugas berat seperti menarik trailer besar.
Toyota sendiri menyediakan opsi kustomisasi tinggi untuk Century, termasuk pembuatan satuan khusus.
Jadi walaupun versi pickup ini belum ada dalam rencana resmi, secara teknis sangat mungkin untuk dipesan sebagai proyek khusus, dengan harga yang pastinya tidak murah.
Tapi untuk kalangan tertentu, gabungan kemewahan Maybach dengan gaya truk bisa jadi bentuk baru eksentrisitas yang memikat.