MIND ID Perkuat 108 UMKM Naik Kelas, Tercatat Ada yang Raih Omzet Rp500 Juta per Tahun

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Des 2024, 17:36
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
MIND ID perkuat 180 UMKM naik kelas/Ist MIND ID perkuat 180 UMKM naik kelas/Ist

Ntvnews.id, Jakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia atau MIND ID konsisten mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya salah satunya melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sepanjang tahun ini, MIND ID sukses mendorong 108 UMKM naik kelas, memperkuat kontribusinya dalam menggerakkan perekonomian daerah.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf menjelaskan, pencapaian ini merupakan hasil dari implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terintegrasi di seluruh anggota holding MIND ID.

Heri menekankan pemberdayaan UMK ini tidak hanya meningkatkan pendapatan pelaku usaha, tetapi juga membuka lapangan kerja baru, memperkuat daya saing produk lokal, dan memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat.

"MIND ID berkomitmen untuk memberdayakan UMKM agar dapat mengoptimalkan perannya dalam rantai pasok Grup MIND ID, naik kelas, dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta menciptakan keberlanjutan," ujar Heri, Kamis 5 Desember 2024.

Baca juga: Kurangi Impor, MIND ID Siap Genjot Kapasitas Produksi Aluminium

Contohnya, PT Aneka Tambang Tbk atau Antam sukses membina Kopi Maju Jaya, sebuah usaha pengolahan kopi lokal di Bogor, Jawa Barat.

Kopi Maju Jaya mampu menembus pasar nasional dengan peningkatan omzet hingga 70% dibandingkan tahun sebelumnya.

Itu setelah melalui pelatihan kualitas produk, digitalisasi pemasaran, dan fasilitasi akses pembiayaan dari Antam. Usaha ini telah menciptakan lapangan kerja bagi 20 orang di komunitas sekitar.

PT Timah Tbk juga mencatatkan keberhasilan dengan memberdayakan 20 UMKM di wilayah operasionalnya. Salah satu UMKM yang berhasil naik kelas adalah Kerupuk Ikan Delapan Rasa.

Dengan dukungan berupa modernisasi alat produksi dan pelatihan manajemen usaha, produk ini kini telah dipasarkan ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Hasilnya, kapasitas produksi meningkat dua kali lipat, dengan omzet mencapai Rp500 juta per tahun.

Kemudian PT Bukit Asam Tbk (PTBA) turut mendorong kesuksesan UMKM SIBA Rosella, produsen minuman kesehatan berbahan dasar rosella.

Dengan dukungan PTBA, SIBA Rosella mampu mengikuti berbagai pameran berskala nasional, seperti Puncak Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang, yang membantu memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan penjualan produk.

Baca juga: Bos MIND ID Minta Pemerintah Batasi Smelter Nikel Baru, Ini Alasannya

Sementara itu, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) berhasil memberdayakan Li-Uli Craft, UMKM tenun wastra Batak Toba dari Desa Meat, Kabupaten Toba, yang dikelola kelompok disabilitas.

Dengan dukungan Inalum, produk Li-Uli Craft berhasil dipamerkan di Jamaika pada Mei 2024, memperkuat komitmen perusahaan dalam memperkenalkan produk budaya lokal ke pasar internasional.

Grup MIND ID, lanjut Heri, percaya bahwa pemberdayaan UMKM bukan hanya tentang mendukung pertumbuhan bisnis, tetapi juga tentang membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat.

"Kami akan terus memperluas program binaan agar lebih banyak UMKM yang merasakan dampak positif," tandasnya.

Halaman
x|close