Ntvnews.id, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meraih total 15 penghargaan dari FinanceAsia yang berbasis di Hong Kong, terdiri dari 5 kategori dalam ajang FinanceAsia Awards 2025 serta 10 predikat dalam Asia’s Best Companies 2025.
Menurut perseroan, pencapaian ini mencerminkan fundamental bisnis BRI yang tangguh, adaptif, dan relevan dengan dinamika industri keuangan kawasan.
Direktur Utama BRI Hery Gunardi dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu, 2 Juli 2025 mengungkapkan capaian ini menegaskan ketangguhan dan relevansi model bisnis menjadi fondasi utama BRI dalam menjaga kepercayaan publik dan menghadapi dinamika industri keuangan.
Perseroan melihat peluang besar untuk terus bertumbuh, berinovasi, dan memperkuat posisi BRI di industri keuangan nasional dan regional.
“Saat ini BRI memiliki fondasi yang sangat kuat untuk mengoptimalkan peluang tersebut,” kata Hery.
Dalam FinanceAsia Awards 2025 yang digelar pada 17 Juni lalu, BRI meraih penghargaan sebagai Best Commercial Bank-SMEs, Best Bank for Financial Inclusion, Best Private Bank, dan Best Custodian Bank, serta Best Bank dengan kategori highly commended untuk kategori domestik.
Baca Juga: BRI Pimpin Daftar Perusahaan Publik Indonesia dalam Forbes Global 2000 Tahun 2025
Bank BRI
Untuk Asia’s Best Companies, dalam daftar tahun 2025 untuk kategori domestik, BRI meraih predikat gold pada kategori Best Managed Company, Best Investor Relations, serta Best Managed di antara lembaga finansial.
Selain itu, BRI juga menerima sejumlah penghargaan dengan predikat silver, meliputi Best Large-Cap Company, Most Committed to ESG, Best DEI, Best Use of Technology, serta tiga penghargaan yang dianugerahkan untuk Board of Management BRI.
Asia’s Best Companies dari FinanceAsia merupakan benchmark bergengsi yang disusun berdasarkan survei terhadap investor dan analis terkemuka untuk menilai perusahaan-perusahaan paling unggul dan berpengaruh di masing-masing sektor industri di Asia.
Sebagai informasi, BRI memiliki lebih dari 36.600 tenaga pemasar yang terdiri dari tenaga pemasar mikro (Mantri), RM Lending, dan RM Funding & Transaction dan BRI juga didukung oleh lebih dari 6 ribu unit kerja, mulai dari Kantor Cabang hingga BRI Unit yang tersebar hingga ke pelosok negeri.
Hery mencatat, hal ini menjadikan BRI sebagai bank dengan jaringan dan jangkauan terluas di Indonesia.
Baca juga: Survei BRI Catat Pertumbuhan Bisnis UMKM Semakin Membaik di Awal 2025
Ia menambahkan, BRI juga memiliki customer base yang besar di mana hingga akhir Maret 2025 terdapat lebih dari 221 juta rekening simpanan serta 211 ribu user QLola di segmen korporasi.
Menurut perseroan, capaian ini bukan hanya angka melainkan ekosistem besar yang menjadi kekuatan strategis BRI ke depan.
Sebelumnya pada Juni 2025, BRI juga mencatatkan pencapaian internasional yang membanggakan dengan menempati peringkat 349 dari 2.000 perusahaan publik terbesar dunia dalam daftar Forbes Global 2000.
Capaian ini menjadikan BRI sebagai perusahaan publik terbesar dengan peringkat tertinggi di Indonesia dalam daftar versi Forbes tersebut.
Dalam laporan tersebut, BRI mencatatkan kinerja positif dengan pendapatan mencapai 16,07 miliar dolar AS, laba 3,8 miliar dolar AS, aset 123,83 miliar dolar AS, dan market value 33,48 miliar dolar AS yang turut memperkuat posisinya di panggung internasional. (Sumber: Antara)