Naik 13,93 Persen, Hana Bank Kantongi Laba Bersih Rp259,52 Miliar di Semester I 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Agu 2024, 15:49
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) mencatat laba bersih sebesar Rp259,52 miliar pada semester I 2024 PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) mencatat laba bersih sebesar Rp259,52 miliar pada semester I 2024

Ntvnews.id, Jakarta - PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) mencatat laba bersih sebesar Rp259,52 miliar pada semester I 2024 atau meningkat 13,93% secara tahunan (yoy).

Presiden Direktur Hana Bank Jong Jin Park mengatakan, pencapaian ini merupakan usaha bersama dalam menjaga pertumbuhan dan profitabilitas berkelanjutan melalui pertumbuhan kredit yang sehat dan management risiko serta penerapan prinsip kehati-hatian yang baik.

"Sehingga kami dapat terus memberikan keuntungan yang lebih baik bagi para pemegang saham, tercermin pada Return on Equity (ROE) yang mencapai 4,91%. Dengan raihan positif ini kami meyakini dapat mencapai target 2024 dengan baik," ucap Mr Park dalam keterangan resminya, Kamis (1/8/2024).

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, salah satu yang patut digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset, seperti ditunjukkan dari penurunan signifikan pada rasio gross Non-Performing Loan (NPL) menjadi 0,76% pada Juni 2024 dari 0,95% pada Juni 2023.

Baca juga: Naik 5,23 Persen, Laba Bersih Bank Mandiri Capai Rp26,55 Triliun di Semester I 2024

Pihaknya juga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) masing-masing sebesar 27,05% dan 139,37%.

Di samping itu, tercatat total aset sebesar Rp48,2 triliun per 30 Juni 2024, naik 6,24% dari Rp45,4 triliun tahun lalu.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp25,5 triliun dengan rasio CASA sebesar 64,8%, sebagai hasil upaya Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman Nasabah dalam memanfaatkan layanan digital Hana Bank.

Lebih lanjut, menghadapi tantangan ketidakpastian ekonomi global saat ini, pihaknya tetap menerapkan strategi perusahaan dengan pendekatan yang berorientasi pada nasabah.

"Kami akan terus fokus dalam menyediakan solusi keuangan yang inovatif serta memberikan kemudahan akses keuangan bagi seluruh stakeholders," tambah Mr Park.

Hana Bank terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital. Saat ini hampir seluruh transaksi sudah dilakukan melalui kanal digital, masih banyak pula transaksi yang dilakukan melalui layanan branchless banking seperti MyHana Mobile Banking dan Internet Banking, LINE Bank by Hana Bank, Corporate Banking System (CBS), dan Automated Teller Machine (ATM).

Baca juga: Laba Bersih United Tractors Turun 15 Persen, Jadi Rp9,5 Triliun Semester I 2024

Layanan digital MyHana Mobile Banking menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, BI-FAST dan Scan QRIS, serta memiliki fitur Hana AIdvisor untuk layanan investasi melalui fitur reksadana digital.

Sementara Coporate Banking System (CBS) difokuskan untuk melayani Nasabah korporasi high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan top-up.

Selain itu, LINE Bank telah mengembangkan aplikasi bank digital Hana Bank yang memungkinkan calon Nasabah untuk membuka rekening, mengajukan pembiayaan serta berbagai transaksi melalui ponselnya.

Lebih dari itu, Hana Bank terus berusaha memberikan layanan transaksi dengan nilai tambah bagi para Nasabah melalui kerja sama dengan mitra-mitra penyelenggara pembayaran dan berbagai merchant favorit.

"Kami memilki komitmen untuk terus meningkatkan pengalaman dan kenyamanan Nasabah melalui berbagai inisiatif transformasi digital, meningkatkan digital channel, dan senantiasa memperkenalkan solusi inovatif." tutup Mr Park.

Halaman
x|close