Pembangunan “Immersed Tunnel” IKN Akan Libatkan Korea Selatan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Agu 2024, 20:08
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom)

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga mengumumkan rencana kerjasama dengan Korea Selatan untuk membangun terowongan bawah laut atau immersed tunnel di Ibu Kota Negara (IKN).

Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga, Wida Nurfaida, menyatakan bahwa infrastruktur immersed tunnel ini akan dibangun di Jalan Tol Akses IKN Segmen 4A dan 4B.

"Di sini terdapat rencana pembangunan immersed tunnel juga yang rencananya akan dikerjasamakan dengan pemerintah Korea Selatan," ujar Wida di Jakarta, Rabu.

Pembangunan immersed tunnel dirancang sebagai bagian dari Seksi 4 Jalan Tol IKN, sesuai dengan konsep forest city yang menjadi ciri khas IKN Nusantara.

Baca Juga: Kemensetneg Sediakan Bus Bagi Tamu Undangan Upacara HUT RI di IKN

Kementerian PUPR sebenarnya bisa membangun jembatan, namun demi menjaga lingkungan, immersed tunnel dipilih agar pengguna jalan tol bisa melintasi Teluk Balikpapan menuju Kawasan KIPP IKN Nusantara tanpa mengubah morfologi lingkungan.

Pemerintah berkomitmen untuk melindungi bekantan serta flora dan fauna endemik lainnya di sekitar Teluk Balikpapan. Oleh karena itu, Kementerian PUPR memilih immersed tunnel yang tidak mengganggu lingkungan fisik, seperti yang telah diterapkan di Geoje, Busan, Korea Selatan.

Teknologi immersed tunnel, yang sudah diterapkan di berbagai negara seperti terowongan Fehmarn di Eropa dan Geoje di Korea Selatan, biasanya digunakan sebagai alternatif jembatan yang melintasi wilayah perairan luas.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close