Terkuak Hewan Pertama yang Lakukan Seks

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Agu 2024, 05:08
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi Hewan/ Taman Margasatwa / Kebun Binatang Ilustrasi Hewan/ Taman Margasatwa / Kebun Binatang (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa hewan pertama yang melakukan hubungan seksual adalah sejenis ikan purba berusia 385 juta tahun. Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang evolusi reproduksi seksual pada vertebrata.

Dilansir dari BBC, Jumat,9 Agustsu 2-24, Ikan purba yang dimaksud adalah Microbrachius dicki, sebuah spesies kecil yang termasuk dalam kelompok Placoderm, yaitu ikan berlapis baja yang hidup pada periode Devonian. Spesies ini ditemukan di wilayah Skotlandia dan dicatat sebagai vertebrata pertama yang diketahui melakukan reproduksi secara internal, yaitu dengan hubungan seksual.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature menyebutkan bahwa ikan ini menggunakan sirip kecil untuk saling mendekat dan melakukan hubungan seksual. Proses ini berbeda dari metode reproduksi ikan modern yang sebagian besar berkembang biak melalui pembuahan eksternal, di mana telur dibuahi oleh sperma di luar tubuh betina.

Baca Juga: Manfaat Hewan Peliharaan untuk Kesejahteraan Lansia, Turunkan Risiko Penyakit Kronis!

Profesor John Long dari Flinders University di Australia, yang memimpin penelitian ini, mengatakan bahwa penemuan tersebut mengubah pemahaman kita tentang evolusi reproduksi. Menurut Long, ikan ini menunjukkan perkembangan awal alat kelamin yang memungkinkan terjadinya hubungan seksual.

“Ini adalah penemuan yang sangat penting karena ini adalah vertebrata pertama yang diketahui melakukan hubungan seksual dengan cara yang sangat mirip dengan beberapa hewan modern,” kata Long.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ikan jantan dari spesies ini memiliki struktur seperti kait yang digunakan untuk menahan betina selama proses kawin. Hal ini menunjukkan bahwa evolusi alat kelamin yang lebih kompleks sudah terjadi jauh sebelum munculnya hewan darat.

Halaman
x|close