Menegang! 11 Warga China Ditangkap oleh Negara Tetangga Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Sep 2024, 11:54
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Kapal China dan Filipina Alami Tabrakan di Wilayah Sengketa Ilustrasi Kapal China dan Filipina Alami Tabrakan di Wilayah Sengketa (Istimewa)

Ntvnews.id, Manila - Otoritas penjaga pantai Filipina menahan 11 warga negara asing (WNA), terdiri dari delapan orang asal China dan tiga orang asal Malaysia, setelah mereka didapati memasuki perairan Filipina secara ilegal dari Sabah, Malaysia.

Dilansir dari The Star, Rabu, 4 September 2024, sebelas WNA tersebut, yang terdiri dari sembilan pria dan dua wanita, sedang berlibur di Semporna, pantai timur Sabah.

Mereka dilaporkan memancing menggunakan dua speedboat bermotor di perairan Malaysia saat insiden itu terjadi.

Baca Juga: 14 Orang Tewas Akibat Badai di Filipina

Penangkapan terjadi dekat Tugayo Hunasan, Sitangkai, Tawi-Tawi, dalam operasi gabungan oleh Kantor Polisi Maritim Tawi-Tawi, Marina Tawi-Tawi, dan Angkatan Laut Filipina.

Kepolisian Maritim Filipina, atau PNP Maritime Group, menjelaskan bahwa para pelaku mengaku sebagai wisatawan dari Semporna yang tidak sengaja memasuki wilayah Filipina saat memancing di perairan Malaysia.

Otoritas Filipina telah mengungkapkan identitas dari WNA yang ditahan. Manila menegaskan bahwa memasuki perairan Filipina tanpa izin adalah pelanggaran terhadap undang-undang imigrasi dan maritim negara tersebut.

Halaman
x|close