Sosok Gus Ipul: Sekjen PBNU-Keponakan Gus Dur yang Dilantik jadi Mensos Gantikan Risma

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Sep 2024, 09:39
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Saifullah Yusuf atau Gus Ipul Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Sosial (Mensos). Ia menggantikan posisi Tri Rismaharini yang mundur untuk maju Pilgub Jawa Timur 2024.

Gus Ipul akan dilantik Jokowi pada hari ini.

"Hari ini, Rabu, 11 September 2024, pukul 09.00 WIB, bapak Presiden diagendakan akan melantik bapak Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk sisa masa jabatan tahun 2019-2024," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Rabu (11/9/2024). 

Selain Menteri Sosial, Jokowi juga akan melantik Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner LPS dan Irjen Pol Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT.

Lantas, siapa Gus Ipul selain merupakan Sekjen PBNU?

Gus Ipul lahir di Pasuruan, 28 Agustus 1964. Ia adalah anak dari pasangan Ahmad Yusuf Cholil dan Sholichah Hasbullo. Ayahnya pegawai Departemen Agama (Depag) dan guru agama di SD dan SMP.

Semenjak kecil, Gus Ipul pernah menyampaikan niatnya untuk menjadi guru mengikuti jejak sang ayah. Dia menempuh pendidikan awal di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Halaman
x|close