Dedi Mulyadi Mau Pengobatan Tradisional Ada di RS

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Sep 2024, 09:30
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Dedi Mulyadi Dedi Mulyadi (Ntvnews.id/Adiansyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Bakal calon gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mulyadi, mau ada pengobatan tradisional pada rumah sakit (RS). Menurut dia, konsep pengobatan ini sudah diterapkan di China dan banyak pasien datang, termasuk dari Indonesia.

"Di sini ada dua hal yang pokok, pertama ada pengobatan sifatnya medik dan pengobatan yang bersifat tradisional. Nanti dibikin auditnya pengobatan tradisional ini, kesembuhan berapa, sehingga ke depan gagasan saya bahwa pengobatan yang bersifat tradisi juga masuk di rumah sakit rumah sakit pemerintah," ujar Dedi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/9/2024) malam.

"Rumah sakit-rumah sakit swasta yang digabung dengan pengobatan medik itu menjadi penting. Karena di Indonesia, Jawa Barat itu kaya akan kekayaan-kekayaan kultur dan relatif kurang dihargai," imbuhnya.

Menurut Dedi, ada rumah sakit di China menggabungkan pengobatan secara medik dan tradisional dalam satu rumah sakit. Ia tak menyebut nama RS itu, tapi kata dia banyak pasien yang datang untuk berobat, termasuk yang berasal dari Indonesia.

"Di China itu rumah sakit yang melayani pengobatan medis dan tradisi disatukan, dan pasiennya penuh dan banyak pasiennya dari Indonesia," tutur Dedi.

"Kalau kesembuhan dimana-mana begitu, yang di medik juga ada yang gagal dan yang tradisi juga ada yang gagal, tinggal nanti berapa persen keberhasilannya dan kegagalannya, nanti kita uji," sambungnya.

Halaman
x|close