Cek Fakta: Viral Narasi Warga Arab Saudi Sebut Muslim Indonesia Masih Gampang Dibodohi, Benarkah?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Sep 2024, 13:10
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Beredar Narasi Warga Saudi Sebut Islam Indonesia Dibodohi Beredar Narasi Warga Saudi Sebut Islam Indonesia Dibodohi (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Beredar sebuah unggahan yang menampilkan artikel berita dari Antara dengan narasi bahwa Islam di Indonesia mudah dibodohi di X. Dalam unggahan tersebut, terlihat tangkapan layar berita dari Antara yang dibagikan oleh akun X @Tita83079013.

"Warga Arab Saudi Sebut: Islam Indonesia Mudah Dibodohi oleh Habib-Habib yang Tidak Jelas Asal-Usulnya," yang dipublikasikan pada Jumat, 20 September 2024.

Akun X @Tita83079013 menambahkan caption, "Loh ..baru tahu? Maklum SDM rendxh," sembari mengunggah tangkapan layar berita Antara tersebut.

Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi <b>(AFP)</b> Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi (AFP)

Unggahan tersebut kemudian menjadi viral di media sosial X, dengan mendapatkan tayangan lebih dari 2,5 juta, serta mengundang lebih dari 1.500 komentar dan disukai oleh lebih dari 58.000 pengguna.

Menurut penelusuran NTVNews.id, tidak ditemukan berita di Antara dengan judul Islam Indonesia mudah dibodohi. Sebenarnya, gambar tangkapan layar yang mirip dengan unggahan tersebut berjudul "Bahasa Indonesia Diminati Warga Arab Saudi."

Isi artikel asli dari Antara menjelaskan bahwa Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muhammad Abdul Khak, menyebutkan bahwa minat warga Arab Saudi untuk belajar bahasa Indonesia cukup tinggi.

Beredar Narasi Warga Saudi Sebut Islam Indonesia Dibodohi <b>(Antara)</b> Beredar Narasi Warga Saudi Sebut Islam Indonesia Dibodohi (Antara)

Dengan demikian, unggahan dari akun X @Tita83079013 adalah hoaks atau informasi palsu, kemungkinan besar judul artikel dari Antara tersebut telah diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Halaman
x|close