Sri Lanka Miliki Presiden Baru yang Berhaluan Marxisme

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Sep 2024, 13:20
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake (Istimewa)

Ntvnews.id, Kolombo - Anura Kumara Dissanayake telah terpilih sebagai presiden baru Sri Lanka. Dissanayake, yang memiliki pandangan marxis, menyerukan persatuan di antara seluruh lapisan masyarakat pada Minggu, 22 September 2024.

Dilansir dari reuters, Senin, 23September 2024, sebagai kandidat dari partai National People's Power, Dissanayake berhasil meraih 55,89% suara dalam putaran kedua pemilihan presiden pada, Sabtu, 21 September 2024.

Baca Juga: Syaikhu Maju Pilgub Jabar, Aher jadi Plh Presiden PKS

Putaran kedua diadakan karena tidak ada kandidat yang memperoleh 50% suara pada putaran pertama untuk memenangkan pemilihan secara langsung, menurut pengumuman resmi yang disampaikan pada Minggu, seperti dilaporkan oleh Anadolu pada Senin (23/9/2024).

Dalam pidato kemenangannya, Dissanayake (55) mengajak seluruh rakyat Sri Lanka, termasuk komunitas Sinhala, Tamil, dan Muslim, untuk bersatu. Dia menekankan bahwa kebangkitan baru akan terwujud melalui kekuatan dan visi bersama.

"Impian yang telah kita jaga selama berabad-abad kini menjadi kenyataan," ucapnya. Menurutnya, pencapaian ini merupakan hasil dari upaya bersama ratusan ribu warga di negara Asia Selatan tersebut.

"Komitmen Anda semua telah membawa kita ke titik ini, dan saya sangat berterima kasih. Kemenangan ini adalah milik kita semua," tulisnya di platform media sosial X.

Halaman
x|close