Menang Pemilu, Presiden Baru Sri Lanka Langsung Bubarkan Parlemen

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Sep 2024, 12:00
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake (NDTV)

Ntvnews.id, Sri Lanka - Anura Kumara Dissanayake, presiden baru Sri Lanka menyatakan pembubaran Parlemen Sri Lanka dan memerintahkan pemilihan umum digelar pada 14 November mendatang.

Kantor kepresidenen Sri Lanka dalam pernyataannya mengemukakan, bahwa masa pendaftaran calon anggota legislatif yang bakal memperebutkan 225 kursi Parlemen berlangsung pada 4-11 Oktober 2024.

Mengutip dari Antara, Rabu (25/9/2024), parlemen yang dibubarkan tersebut merupakan parlemen hasil pemilu legislatif 2020. Sesuai jadwal, pemilu seharusnya sudah dilaksanakan Agustus lalu.

Dalam hal ini, Dissanayake seorang politisi sayap kiri berhasil mengalahkan petahana Ranil Wickremesinghe dan pemimpin oposisi di Parlemen Sri Lanka Sajith Premadasa dalam pemilu presiden pekan lalu.

Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake  <b>(Istimewa)</b> Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake (Istimewa)

Pemilu tersebut jadi ajang pertama yang digelar sejak Sri Lanka menyatakan kebangkrutan nasional pada April 2022. Kemudian ia dilantik sebagai Presiden ke-9 Sri Lanka dengan kekuasaan eksekutif penuh pada Senin, 23 September 2024.

Dissanayake selanjutnya menunjuk akademisi dan cendekia wanita Harini Amarasuriya sebagai perdana menteri, membentuk kabinet ramping hingga pemilihan umum mendatang digelar.

Dissanayake dijadwalkan menyampaikan pidato kepada rakyat Bangladesh pada Rabu waktu setempat untuk menjabarkan kebijakan pemerintahan baru.

Halaman
x|close