Setelah Bunuh Hassan Nasrallah di Lebanon, Israel Kini Serang Houthi Yaman

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Sep 2024, 09:16
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Serangan Israel di Lebanon Serangan Israel di Lebanon (Reuters)

Ntvnews.id, IsraelIsrael melancarkan serangan udara terhadap sasaran Houthi di Yaman pada Minggu (29/9/2024) setelah menewaskan Pemimpin Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah, dalam konflik yang kian memanas di Lebanon

Melansir Reuters, aksi ini memperluas bentrokan dengan sekutu-sekutu Iran di kawasan tersebut. Serangan tersebut terjadi di pelabuhan Hodeidah, Yaman, sebagai balasan atas serangan rudal yang dilakukan Houthi terhadap Israel dalam beberapa hari terakhir. 

Hal ini menambah kekhawatiran bahwa konflik di Timur Tengah bisa semakin meluas, melibatkan Iran dan sekutu utama Israel, Amerika Serikat (AS). Kementerian Kesehatan yang dikelola oleh Houthi melaporkan setidaknya empat orang meninggal dan 29 lainnya luka-luka. 

Israel melancarkan ratusan serangan terhadap target-target di wilayah yang dikuasai pemerintah di Suriah  <b>(India Today)</b> Israel melancarkan ratusan serangan terhadap target-target di wilayah yang dikuasai pemerintah di Suriah (India Today)

Di saat yang sama, Israel terus meningkatkan serangan terhadap target di Lebanon, yang dalam dua minggu terakhir telah menewaskan beberapa pemimpin penting Hizbullah dan memaksa ratusan ribu warga mengungsi dari rumah mereka.

Israel pada Minggu (29/9/2024) menyatakan akan terus melanjutkan serangannya. "Mereka telah kehilangan kendali, dan kita harus terus menyerang Hizbullah dengan keras," ujar Kepala Staf Militer Israel, Herzi Halevi.

Menurut Kementerian Kesehatan Lebanon, serangan Israel pada hari Minggu telah menyebabkan 32 korban jiwa di Ain Deleb di selatan dan 21 orang di Baalbek-Hermel di timur, serta menewaskan 14 petugas medis dalam serangan udara selama dua hari terakhir.

Halaman
x|close