Joe Biden Tugaskan 6 Pejabat Tinggi Sekaligus untuk Hadiri Pelantikan Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Okt 2024, 09:45
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Joe Biden Joe Biden

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mengirimkan delegasi ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto, yang direncanakan berlangsung pada hari Minggu, 20 Oktober 2024.

Delegasi tersebut akan terdiri dari enam orang, yang akan dipimpin oleh Linda Thomas-Greenfield, Perwakilan AS di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, Linda akan didampingi oleh lima pejabat lainnya. Di antaranya adalah Duta Besar AS untuk Indonesia, Kamala Shirin Lakhdhir, serta Don Graves, Wakil Sekretaris Perdagangan Departemen Perdagangan. Juga turut serta Admiral Samuel Paparo, yang merupakan Komandan Pasukan Indo-Pasifik Kementerian Pertahanan AS.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden <b>(Tangkapan Layar: Instagram)</b> Presiden Amerika Serikat Joe Biden (Tangkapan Layar: Instagram)

Selain itu, delegasi ini juga mencakup Daniel J. Kritenbrink, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, serta Mira Rapp-Hooper, Asisten Khusus Presiden dan Direktur Senior untuk Asia Timur dan Oceania di Dewan Keamanan Nasional.

Setelah Prabowo dinyatakan sebagai pemenang, Biden mengirimkan ucapan selamat melalui surat resmi dari Gedung Putih yang bertanggal 12 Maret 2024. Surat tersebut disampaikan langsung kepada Prabowo oleh Duta Besar AS untuk ASEAN, Yohannes Abraham, pada Kamis, 14 Maret.

Prabowo <b>(Ist)</b> Prabowo (Ist)

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu - sebuah bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi - dan kepada Anda (Prabowo) atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya," kata Biden dalam surat itu.

Pelantikan Prabowo sebagai Presiden Republik Indonesia akan berlangsung di Jakarta pada 20 Oktober 2024 dan akan diselenggarakan oleh MPR, berdasarkan keputusan KPU RI terkait hasil Pilpres 2024.

Halaman
x|close