Profil Lodewijk Freidrich Paulus, Politikus Partai Golkar yang Dipanggil Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 23:12
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Lodewijk Freidrich Paulus Lodewijk Freidrich Paulus (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Lodewijk Freidrich Paulus merupakan salah satu tokoh yang dipanggil presiden terpilih Prabowo Subianto ke Kartanegara, Jakarta Selatan, pada Selasa 15 Oktober 2024. Ia digadang-gadang bakal menjadi wamen atau kepala badan tertentu. 

Profil Lodewijk Freidrich Paulus

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Lodewijk Freidrich Paulus, yang lebih dikenal dengan nama Lodewijk F Paulus, lahir di Manado pada 27 Juli 1957.

Saat ini, Lodewijk F Paulus menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar untuk periode 2019-2024, serta sebagai Wakil Ketua DPR RI untuk periode 2021-2024.

Lodewijk Freidrich Paulus <b>(Istimewa)</b> Lodewijk Freidrich Paulus (Istimewa)

Lodewijk F Paulus merupakan alumni Akademi Militer tahun 1981, sebagaimana dikutip dari Kompas.com. Selama masa aktifnya di militer, ia pernah menduduki beberapa posisi penting di Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Lodewijk F Paulus juga pernah menjabat sebagai komandan pasukan elit di Satuan 81 Penanggulangan Teror Kopassus pada tahun 2001. Pada tahun 2009, Lodewijk F Paulus ditunjuk untuk menggantikan Mayjen Pramono Edhie Wibowo sebagai Komandan Jenderal Kopassus.

Lodewijk F Paulus juga pernah menduduki posisi sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan pada tahun 2011. Jabatan terakhir yang diemban Lodewijk F Paulus di TNI adalah Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Kodiklat) TNI Angkatan Darat.

Lodewijk F Paulus memutuskan untuk pensiun dari dinas militer pada tahun 2015 dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Karier politiknya dimulai setelah ia bergabung dengan Partai Golkar. Pada tahun 2016, Lodewijk F Paulus dipercaya sebagai Koordinator Bidang Kajian Strategis DPD Partai Golkar.

Halaman
x|close