5 Negara dengan Harga Murah untuk Kuliah, Ada Tetangga Indonesia

NTVNews - 20 Mei 2024, 10:30
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kuliah Loan Kuliah Loan (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Sejumlah negara Eropa seperti Inggris dan Jerman sering menjadi destinasi populer bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mengejar pendidikan tinggi. Namun, pada kenyataannya, negara mana yang menawarkan biaya kuliah terendah?

Menurut analisis yang dilakukan oleh Moneytransfers.co.uk, beberapa negara memiliki daya tarik sebagai tempat studi yang ekonomis. Salah satu alasan utamanya adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang lebih terjangkau dibandingkan dengan negara lainnya.

Studi yang dilakukan ini juga memperhitungkan kualitas pendidikan, dengan melihat peringkat institusi masing-masing negara dalam peringkat universitas global.

Kuliah Loan <b>(Istimewa)</b> Kuliah Loan (Istimewa)

Dikutip dari situs Times Higher Education (THE), Jerman menjadi salah satu negara teratas karena biaya kuliah gratis untuk mahasiswa sarjana dan biaya kuliah yang relatif rendah untuk mahasiswa pascasarjana.

Jerman juga merupakan rumah bagi banyak universitas berperingkat tinggi, dengan 22 universitas Jerman masuk dalam THE World University Rankings (WUR) 2023.

Negara yang paling murah dalam hal biaya kuliah dan sewa tempat tinggal adalah Turki. Sementara lainnya ada Meksiko, Thailand, dan Brasil. Di negara-negara tersebut biaya hidup dan harga sewa juga dinilai lebih rendah.

Baca Juga:

Anak Buah Nadiem Minta Rektor Unri Cabut Laporan ke Mahasiswa yang Kritik Biaya Kuliah Mahal

Halaman
x|close