Sah! Prabowo Resmi Jadi Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Okt 2024, 10:34
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Prabowo Subianto Presiden Prabowo Subianto (Youtube TV Parlemen)

Ntvnews.id, Jakarta - Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia. Dengan demikian, Prabowo sudah resmi menjadi RI-1 untuk periode 2024-2029. Pengucapan sumpah ini dilaksanakan dalam sidang paripurna MPR RI di Senayan, Jakarta, (20/10/2024).

Prabowo mengucapkan sumpah jabatan tersebut terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh wakilnya, Gibran Rakabuming Raka. Prabowo terlihat berdiri di kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu juga dengan Gibran Rakabuming Raka. 

"Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi.

Presiden Prabowo Subianto <b>(DOKUMENTASI)</b> Presiden Prabowo Subianto (DOKUMENTASI)

Sidang paripurna pelantikan Prabowo-Gibran ini dihadiri oleh setidaknya 33 pejabat dari berbagai negara, mulai dari kepala negara sampai utusan langsung. Negara-negara yang hadir termasuk dari seluruh ASEAN, beberapa negara dari Timur Tengah, Amerika, hingga Eropa. 

Sementara itu, pejabat dalam negeri juga telah hadir dalam pelantikan tersebut, termasuk Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian hadir pula, rival Prabowo saat pilpres yaitu Anies Baswedan dan Cak Imin serta beberapa pejabat yang lain.  

Pelantikan presiden dan wakil presiden ini telah dimulai sejak pukul 10.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan berakhir pada pukul 11.23 WIB siang. Prabowo langsung meninggalkan kompleks Senayan menuju Istana Merdeka. 

Halaman

TERKINI

Load More
x|close