Ntvnews.id, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI, Surya Utama alias Uya Kuya mengungkap modus 'akal-akalan' BPJS Kesehatan.
Fakta miris itu dibeberkan Uya Kuya saat Rapat Dengar Pendapat Komisi IX DPR RI dengan BPJS Kesehatan, Kamis (14/11/2024).
Uya mengaku sudah sering mengurusi perihal BPJS Kesehatan selama 4-5 tahun terakhir untuk membantu para pengikut (follower) nya di Instagram yang mengeluhkan layanan asuransi kesehatan tersebut.
"Mereka sering mengadu. Ada warga yang enggak dapat kamar padahal ususnya sudah bocor. Tapi dia masih di luar. Saat saya telepon BPJS langsung dikoordinasi dengan wilayah-wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan sebagainya langsung ditangani," kata Uya Kuya seperti diberitakan NusantaraTV.
Tak hanya follower IG-nya, kata Uya, ibunya juga pernah menceritakan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan.
"Mama saya pakai BPJS. Fisioterapi berangkat jam 9.30 WIB tapi dibaru ditangani jam 16.30 WIB. Saya bilang kenapa engga ngomong? Kata ibu saya engga mau nanti kamu nelepon-nelepon. Ibu saya ingin sama seperti warga lainnya," imbuhnya.
Uya pun mempertanyakan bagaimana layanan terhadap warga yang tidak memiliki BPJS Kesehatan. Karena amanat Undang-undang setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan kesehatan.