Ntvnews.id, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung secara resmi meresmikan dua reservoir komunal di Rusun Tambora, Jakarta Barat, dan Gandaria Utara, Jakarta Selatan pada Rabu, 26 Maret 2025.
Selain itu, ia juga membagikan Kartu Air Sehat PAM Jaya kepada warga Rusun Tambora sebagai bagian dari upaya pemerataan akses air bersih di ibu kota.
Pembangunan dua reservoir komunal ini bertujuan untuk menjamin distribusi air bersih yang lebih merata bagi masyarakat.
Dalam sambutannya, Gubernur Pramono menegaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari inovasi Pemprov DKI guna memastikan pasokan air bersih di wilayah-wilayah yang masih mengalami keterbatasan akses.
Pramono Anung (Ntvnews.id/ Adiansyah)
"Pada hari ini, kita meresmikan dua reservoir komunal, yaitu di Rusun Tambora dan Gandaria Utara, sekaligus memberikan Kartu Air Sehat. Dua reservoir ini melayani 2.367 keluarga. Saya yakin reservoir ini sangat bermanfaat bagi warga Jakarta," kata Pramono.
Reservoir komunal berfungsi sebagai tempat penampungan air yang memastikan suplai tetap stabil, terutama untuk wilayah yang jauh dari sumber produksi air PAM. Teknologi ini juga dilengkapi dengan booster pump agar tekanan air tetap optimal hingga ke rumah-rumah pelanggan.
Langkah ini sejalan dengan target PAM Jaya dalam mewujudkan 100% layanan air minum perpipaan di Jakarta pada tahun 2030. Namun, Gubernur Pramono menginstruksikan agar target tersebut dapat dicapai lebih cepat, yaitu pada tahun 2029, sebagai bagian dari program kerja 100 hari pertamanya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta.
Saat ini, reservoir di Tambora akan menyuplai air ke 970 sambungan rumah di 4 RW dan 32 RT di Kelurahan Angke, Jakarta Barat. Sementara itu, reservoir di Gandaria Utara melayani 1.212 sambungan rumah di Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan.
"Dengan begitu, semakin banyak warga yang bisa menikmati air PAM berkualitas," ucapnya.
Pramono Anung (Pemprov DKI/ ntvnews.id)
Sebagai bentuk komitmen meningkatkan pelayanan, Gubernur Pramono juga membagikan Kartu Air Sehat kepada masyarakat. Program ini diperuntukkan bagi pelanggan kategori 2A1 (Rumah Tangga Sangat Sederhana) dan 2A2 (Rumah Tangga Sederhana).
Pemegang kartu ini mendapatkan berbagai manfaat, seperti Tarif khusus dengan bantuan subsidi, Layanan prioritas pengiriman mobil tangki saat darurat, dan Kompensasi jika terjadi gangguan suplai air.
PAM Jaya terus melakukan berbagai inovasi demi meningkatkan layanan air bersih bagi warga Jakarta. Beberapa inisiatif yang sedang dikembangkan antara lain; Pemberian tandon air gratis bagi warga di daerah minim pasokan, Teknologi water purifier ramah lingkungan untuk air siap minum, dan Sinergi dengan PAL Jaya dalam program Sanitasi Prima guna meningkatkan kualitas sanitasi.
"Dengan inovasi dan pelayanan PAM Jaya yang terus berkembang serta memiliki keterkaitan dengan pola hidup kita, baik dari segi kesehatan, kualitas hidup, maupun produktivitas kerja yang berkelanjutan gunakanlah layanan air PAM yang sudah disediakan dengan pemanfaatan yang maksimal," pungkas Pramono Anung.