Jepang akan Alami Kekurangan Satu Juta Pekerja di Tahun 2040, Kok Bisa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Jul 2024, 09:06
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Pekerja Jepang Pekerja Jepang (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Jepang menghadapi proyeksi kekurangan hampir satu juta pekerja asing pada tahun 2040 untuk mencapai tujuan pertumbuhan ekonomi mereka, sejalan dengan menurunnya populasi.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin, 8 Juli 2024, Japan International Cooperation Agency (JICA), menyebutkan bahwa kecepatan pertumbuhan saat ini diperkirakan 5,91 juta orang asing akan bekerja di Jepang pada tahun 2040.

Jepang memerlukan satu juta pekerja tambahan untuk menjaga tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 1,24 persen yang menjadi target mereka.

Kesenjangan antara permintaan dan penawaran tenaga kerja asing ini lebih dari dua kali lipat dari perkiraan sebelumnya yang dibuat oleh JICA pada tahun 2022, setelah diperbarui dengan mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat di negara-negara asal seperti Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

Mata Uang Jepang Yen <b>(Istimewa)</b> Mata Uang Jepang Yen (Istimewa)

Pekerja asing memiliki peran yang sangat penting bagi ekonomi Jepang karena mereka membantu mengisi kekurangan tenaga kerja yang semakin parah akibat proses penuaan yang cepat dan penurunan angka kelahiran.

Baca Juga: Jepang Dalam Bayang-bayang Krisis, Nilai Tukar Yen ke Dolar Amblas!

Jumlah pekerja asing di Jepang telah meningkat lebih dari empat kali lipat dalam 15 tahun terakhir, mencapai 2,05 juta pada Oktober 2023, yang setara dengan sekitar tiga persen dari angkatan kerja total.

Halaman
x|close