Turki Tutup Perbatasan dengan Suriah, Kenapa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Jul 2024, 09:04
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
PErbatasan Turki dan Suriah PErbatasan Turki dan Suriah (Istimewa)

Ntvnews.id, Ankara - Kelompok Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah dan beberapa organisasi HAM lainnya melaporkan bahwa Turki telah menutup beberapa penyeberangan perbatasan ke wilayah Suriah bagian barat laut.

Tindakan ini dilakukan setelah pasukan Turki di Suriah ditembaki oleh warga Suriah yang protes terhadap kekerasan yang dialami oleh warga Suriah di Turki. 

Dilansir dari VOA, Senin, 8 Juli 2024, Menteri Dalam Negeri Turki, Ali Yerlikaya, mengungkapkan bahwa polisi telah menahan sekitar 475 orang yang diduga terlibat dalam serangan terhadap warga Suriah di seluruh negeri.

Turki <b>(Istimewa)</b> Turki (Istimewa)

Kerusuhan dimulai pada Minggu, 20 Juni 2024 setelah laporan di media sosial menyebutkan insiden pelecehan seksual yang melibatkan seorang pria Suriah terhadap seorang gadis Suriah berusia tujuh tahun.

Baca Juga: Bandara Turki Tolak Pengisian Bahan Bakar Pesawat Israel

Akibatnya, mobil-mobil dan toko-toko yang dimiliki warga Suriah di Kota Kayseri dibakar. Demonstran yang marah menyerukan agar warga Suriah meninggalkan kota tersebut.

Pengadilan di Kayseri telah mengeluarkan perintah penangkapan terhadap tersangka pelaku dan Ali Yerlikaya menyatakan bahwa insiden tersebut sedang dalam proses penyelidikan.

Halaman
x|close