5 Kontroversi Panji Gumilang Sebelum Bebas, Perkenalkan Salam Yahudi-Ingin Bangun Ponpes Kristen

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Jul 2024, 16:29
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Panji Gumilang Panji Gumilang (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Panji Gumilang adalah pemilik Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu yang sempat menjadi sorotan pada 2023 lalu karena kasus penistaan agama yang dilakukan olehnya. Panji Gumilang dinilai melenceng dari syariat Islam dalam praktik keagamaan yang dilakukan ponpes tersebut. 

Bahkan, Ustaz Abdul Somad sendiri turun berkomentar atas beberapa aturan kontroversial yang dilakukan oleh Panji Gumilang sebagai pendiri ponpes tersebut. Nah, berikut beberapa kontroversi Panji Gumilang sebelum dipenjara dan kini dinyatakan bebas. 

  1. Sholat Ied Antara Laki-laki dan Perempuan Dicampur

Panji Gumilang <b>(YouTube)</b> Panji Gumilang (YouTube)

Sempat viral di media sosial memperlihatkan sholat ied antara shaf jemaah laki-laki dan perempuan yang disatukan. Hal ini terjadi di Ponpes Al Zaytun. Dalam pelaksanaan sholat ini, Panji Gumilang bertindak sebagai penceramah. 

"Kegiatan perayaan Id Al Fithri di Masjid Rahmatan Lil Alamin Al-Zaytun-Indonesia," demikian keterangan caption tersebut dikutip dari akun Instagram @unikinfo_id yang membagikan peristiwa ini.

  1. Salam Yahudi

Sempat beredar pula video pendiri Ponpes Al Zaytun tersebut mengenalkan salam Yahudi kepada para santri di lembaga pendidikan tersebut. Dalam video yang sempat viral, ia mengajak para santri dan tamu undangan mempraktikan salam tersebut. 

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita "havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu syuro," ujar Panji Gumilang. 

Halaman
x|close