Ditolak Masjid Istiqlal, Aktivis Pro Israel Ari Gordon Jadi Pembicara di UIN Palu dan UINSA Surabaya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Jul 2024, 11:07
Dedi
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Dr Ari Gordon di UIN Sunan Ampel Surabaya Dr Ari Gordon di UIN Sunan Ampel Surabaya (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Direktur American Jewish Committee (AJC), Dr Ari Gordon rencananya akan menggelar seminar di Masjid Istiqlal Jakarta yang diundang oleh Voice of Istiqlal. Agenda seminar tersebut bertajuk Relations Among Abrahamic Religious Communities in History and Today. 

Namun, acara seminar yang hendak dilaksanakan Rabu, 17 Juli 2024 itu mendadak dibatalkan oleh panitia penyelenggara. Hal diduga karena menuai banyak kritikan dari publik, termasuk tokoh agama Hilmi Firdausi melalui akun X miliknya. 

“Serius ini mau diadakan di Istiqlal?! Sebagai salah satu pengisi kajian di Istiqlal bersama Aa Gym, saya protes keras! Bahaya sekali jika masjid kebanggaan Indonesia sudah disusupi agen-agen zionis,” tulisnya di X.

Alasannya, American Jewish Committee atau Komite Yahudi Amerika merupakan organisasi advokasi internasional yang berfokus untuk mempromosikan hak-hak agama dan sipil bagi orang Yahudi dan kelompok agama yang lain. 

Seminar Ari Gordon di UIN Palu <b>(Instagram)</b> Seminar Ari Gordon di UIN Palu (Instagram)

Walaupun ditolak dalam acara seminar di Masjid Istiqlal, Ari Gordon justru diundang oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Perguruan Tinggi Islam ini menghadirkan Ari Gordon dalam seminar International Guest Lecture di Aula Pascasarjana UIN Palu pada Selasa, 16 Juli 2024. 

Baca Juga: 

Halaman
x|close