Jelang Masa Jabatan Jokowi Berakhir, Ada 41 Proyek Senilai Rp554 T Terkendala

NTVNews - 14 Mei 2024, 15:54
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Airlangga Hartarto/Foto: Sekretariat Kabinet Airlangga Hartarto/Foto: Sekretariat Kabinet

Ntvnews.id, Jakarta - Kurang lebih enam bulan lagi Presiden Joko Widodo akan berakhir masa jabatannya. Meski telah gencar mengerjakan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. Ternyata masih ada 41 proyek strategis nasional (PSN) yang nilainya mencapai Rp554 triliun yang terkendal.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti Rapat Kerja Nasional Percepatan Penyelesaian dan Pra Evaluasi PSN, di Jakarta, Selasa, (14/5/2024).

Airlangga mengatakan 41 proyek tersebut ditargetkan akan rampung pada 2024 ini. Namun penyelesaian 41 proyek tersebut masih menghadapi sejumlah kendala seperti perizinan, hingga lahan.

"Ke depan ada target penyelesaian PSN yang harus diselesaikan di 2024, ada kira-kira 41 proyek dengan nilai Rp 554 triliun yang harus diselesaikan perizinan, isu kehutanan, lahan dan konstruksinya," kata Airlangga.

Airlangga mengaku telah diperintahkan oleh Presiden Jokowi untuk menyelesaikan puluhan proyek tersebut. Presiden meminta agar penyediaan lahan, hingga pelepasan kawasan hutan dan pembayaran kepada pihak ketiga untuk segera diselesaikan.

"Presiden meminta penyediaan lahan, pelepasan kawasan hutan dan penyelesaian pihak ketiga untuk diselesaikan," katanya.

Pada kesempatan tersebut Airlangga juga menyampaikan kabar baik terkait adanya tambahan 16 PSN baru senilai Rp248,75 triliun yang telah disepakati pemerintah. Airlangga menyatakan 16 PSN baru tersebut tidak akan menggunakan APBN dalam pembangunannya.

Halaman
x|close