Sri Mulyani Bawa Kabar Situasi Dunia Sedang Tidak Baik-baik Saja, Ini Penyebabnya

NTVNews - 30 Mei 2024, 18:04
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menkeu Sri Mulyani Menkeu Sri Mulyani

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan tantangan dan prospek ekonomi Indonesia di tengah tantangan global yang dinamis dan masa transisi ke pemerintahan baru.

Bicara soal tantangan, Bendahara Negara itu menyampaikan bahwa situasi dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja.

"Tentu kita tahu bahwa situasi dunia saat ini tidak baik-baik saja. Dunia semakin terfragmentasi menyebabkan aturan dunia lama tidak lagi berlaku dan memunculkan the new economic order yang tidak tahu akan seperti apa ke depannya," ucapnya dalam laman Instagram @smindrawati, Kamis (30/5/2024).

Meski di tengah situasi yang sangat kompleks, Sri Mulyani menyebut Indonesia akan terus melihat berbagai peluang untuk tetap tumbuh.

"Kita memanfaatkan teknologi digital, melanjutkan berbagai agenda pembangunan dengan tetap berkomitmen mengatasi climate change, membangun ekonomi hijau, hilirisasi sumber daya alam (SDA), membangun ekosistem sektor keuangan yang lebih baik, juga melakukan relokasi industri," jelas Sri Mulyani.

Menkeu juga menjelaskan, ketahanan ekonomi nasional tentu tidak lepas dari peran APBN sebagai instrumen kunci dalam mewujudkan keadilan sosial dan pemerataan ekonomi.

Untuk itu, APBN perlu didesain dengan cermat untuk mendukung pembangunan yang berkualitas serta investasi dalam pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.

Halaman
x|close