Kereta Tanpa Rel IKN Diuji Coba Mulai Agustus 2024

NTVNews - 4 Jun 2024, 08:11
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kereta Tanpa Rel akan diuji coba setelah selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat Kereta Tanpa Rel akan diuji coba setelah selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) memastikan uji coba kereta tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) dapat dilakukan pada Agustus 2024 mendatang.

Adapun kereta tanpa rel dapat diuji coba seiring telah selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat.

"Insyallah dengan jalur yang sudah ada, ART bisa diuji coba pada bulan Agustus nanti," ucap Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/6/2024).

Lanjut kata Menhub, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat memiliki jalur lalu lintas sebanyak enam jalur, dengan satu lajur khusus bus dan ART.

Menhub menuturkan, IKN dirancang sebagai kawasan yang menerapkan konsep kota cerdas berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan.

Kehadiran ART di IKN sesuai dengan prinsip tersebut, sebab mampu meningkatkan efisiensi serta keamanan dalam bermobilitas, dan ramah lingkungan.

Kantor Kepresidenan di IKN/ist Kantor Kepresidenan di IKN/ist

"ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Alhasil, kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi," jelas Menhub.

Halaman
x|close