Terungkap, Al Quran dan Sains Sebut Manusia Punya Sistem Pendingin Tubuh Secara Alami

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Sep 2024, 02:50
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi kerja kantoran Ilustrasi kerja kantoran (Freepik)

Ntvnews.id, Jakarta - Al-Quran dan ilmu pengetahuan atau sains menunjukkan bahwa manusia memiliki sistem pendinginan tubuh alami yang jarang diketahui. Sistem ini memberikan manfaat besar dalam menjaga kestabilan suhu tubuh.

Sistem ini sangat kompleks dan bekerja secara detail pada tubuh manusia. Fungsi tersebut juga menjadi salah satu bukti kebesaran Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dalam buku "Sains Dalam Alquran" karya Dr. Nadiah Thayyarah dijelaskan bahwa tubuh manusia memiliki 3 hingga 4 juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh kulit secara merata.

Ilustrasi tangan <b>(Freepik)</b> Ilustrasi tangan (Freepik)

Sebagai contoh, di telapak tangan saja terdapat 480 kelenjar keringat per satu sentimeter persegi. Jika semua kelenjar keringat disambungkan, panjangnya akan mencapai 5 kilometer di dalam tubuh manusia.

Pada hari yang sangat panas, kelenjar keringat dapat memproduksi lebih dari 200 cm kubik cairan per hari, bahkan bisa mencapai 1.500 cm kubik per jam. Ketika keringat tersebut menyebar di permukaan kulit yang luasnya mencapai lebih dari 1,80 meter persegi pada tubuh manusia, cairan ini akan menguap.

Proses penguapan ini menyebabkan perubahan suhu. Saat keringat menguap, ia menyerap panas dari tubuh dan menstabilkan suhu tubuh kembali ke kondisi normal. Ini adalah salah satu sistem pengaturan suhu yang paling canggih di alam.

Halaman
x|close