PKB Sentil Effendy Choirie, Ada Apa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 8 Agu 2024, 17:55
Agus Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Wakil Ketua Umum DPP PKB Hanif Dhakiri Wakil Ketua Umum DPP PKB Hanif Dhakiri (Instagram @hanifdhakiri)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hanif Dhakiri, mengingatkan mantan politikus PKB yang kini menjadi kader Partai NasDem, Effendy Choirie, untuk fokus mengurus partainya sendiri. Kata dia, itu tidak etis.

"Effendy Choirie kan pengurus Partai NasDem. Ya uruslah partai sendiri. Ngapain ikut obok-obok PKB? Enggak etis itu. Bisa merusak hubungan antarpartai," kata Hanif, dikutip dari Antara, Kamis, 8 Agustus 2024.

Menurut Hanif, tindakan Effendy yang ikut campur urusan PKB dengan memenuhi undangan PBNU pada Rabu kemarin, bisa dilaporkan kepada Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

"Nanti kami laporkan ke Bang Surya Paloh selaku Ketum NasDem, biar dikenakan disiplin partai," ujarnya.

Sementara itu, Hanif menyetujui pernyataan Effendy bahwa PKB dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tidak memiliki hubungan struktural.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Hanif Dhakiri <b>(Antara)</b> Wakil Ketua Umum DPP PKB Hanif Dhakiri (Antara)

"PKB dan PBNU adalah entitas berbeda. PKB partai politik yang dipayungi Undang-Undang Partai Politik, NU organisasi kemasyarakatan yang dipayungi UU Ormas. Masing-masing memiliki kedaulatan organisasi, punya AD/ART sendiri, serta punya tugas dan tanggung jawab sendiri," jelasnya.

Oleh karena itu, Hanif mengingatkan Effendy untuk tidak saling mengganggu, melainkan harus saling menghormati, seperti yang ditegaskan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, salah satu pendiri PKB.

Halaman
x|close