Lagi, Warga Korea Utara Membelot Gunakan Cara Mengerikan Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Agu 2024, 05:10
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Bendera Korea Utara (korut) Bendera Korea Utara (korut) (Istimewa)

Ntvnews.id, Seoul - Seorang warga Korea Utara berhasil membelot ke Korea Selatan dengan menyeberangi perbatasan maritim antara kedua negara di Laut Kuning. Militer Korea Selatan telah menangkap warga tersebut.

Dilansir dari Yonhap, Jumat, 9 Agustus 2024, warga Korea Utara itu melintasi Garis Batas Utara di Laut Kuning, perbatasan laut yang diperebutkan di pantai barat Semenanjung Korea.

"Seorang warga Korea Utara melintasi perbatasan maritim di Laut Kuning," demikian laporan Yonhap yang mengutip pernyataan militer Korea Selatan.

Sejak Perang Korea pada 1950-an, puluhan ribu warga Korea Utara telah melarikan diri ke Korea Selatan. Mayoritas dari mereka menggunakan rute darat melalui China sebelum menuju negara ketiga seperti Thailand, dan akhirnya sampai di Korea Selatan.

Baca Juga: Selalu Tegang, Viral Terekam Aksi Korut-Korsel Mesra di Olahraga

Namun, jumlah pembelot menurun drastis sejak Korea Utara menutup perbatasannya pada tahun 2020 untuk mencegah penyebaran COVID-19, bahkan memberlakukan perintah tembak di tempat di sepanjang perbatasan dengan China.

Meski demikian, data otoritas Korea Selatan pada Januari lalu menunjukkan bahwa jumlah pembelot Korea Utara yang mencapai Korea Selatan meningkat tiga kali lipat sepanjang tahun lalu, mencapai 196 orang, dengan lebih banyak diplomat dan pelajar elite Korea Utara yang mencoba melarikan diri. Ini meningkat dari 67 orang pada tahun 2022.

Halaman
x|close