Perjalanan Politik Gus Ipul, Menteri Sosial Baru yang Gantikan Risma

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Sep 2024, 09:17
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Saifullah Yusuf atau Gus Ipul Saifullah Yusuf atau Gus Ipul (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melantik Saifullah Yusuf, yang dikenal sebagai Gus Ipul dan menjabat sebagai Sekjen PBNU, sebagai Menteri Sosial pagi ini.

Gus Ipul akan menggantikan Tri Rismaharini yang mengundurkan diri setelah mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jawa Timur. Berikut perjalanan politik Saifullah Yusuf atau Gus Ipul: 

Perjalanan Politik Gus Pul

Karier politik Gus Ipul dimulai pada tahun 1999 ketika ia mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namun, ia keluar dari PDIP dan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada tahun 2001, dan setahun kemudian diangkat sebagai Sekretaris Jenderal PKB.

Baca Juga: Selain Gus Ipul, Jokowi Akan Lantik Irjen Eddy Hartono Jadi Kepala BNPT

Sebelum terjun ke dunia politik, Gus Ipul aktif sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Nasional, Jakarta, dan menjabat sebagai ketua senat di kampusnya dari 1988 hingga 1990. Dia juga memimpin Ikatan Pelajar NU dari 1990 hingga 1995 dan terlibat aktif dalam Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor).

Antara tahun 2000 dan 2005, pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 57 tahun yang lalu ini menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dalam Kabinet Indonesia Bersatu di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada periode 2004-2007. Selama waktu tersebut, ia juga menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor untuk dua periode berturut-turut (2000-2005 dan 2005-2010).

Halaman
x|close