Negara Eropa Ini Jadi Tuan Rumah untuk Konsolidasi Antara Israel dan Palestina

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Sep 2024, 01:00
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi. Bendera Palestina. Ilustrasi. Bendera Palestina.

Ntvnews.id, Madrid - Spanyol akan menjadi tuan rumah pertemuan para menteri dari negara-negara Muslim dan Eropa yang bertujuan membahas solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

Pertemuan yang dijadwalkan pada Jumat, 31 September 2024 ini akan mempertemukan anggota Kelompok Kontak Arab-Islam untuk Gaza, termasuk negara-negara seperti Mesir, Qatar, Arab Saudi, dan Turki.

Dilansir dari reuters, Jumat, 13 September 2024, pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Spanyol, tidak menyebutkan rincian peserta yang akan hadir.

Baca Juga: Duar! Helikopter Israel Jatuh di Gaza Palestina

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, akan menyambut para peserta di kediaman resminya sebelum pertemuan dilanjutkan di kementerian luar negeri di Madrid, yang diorganisir oleh Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares. Kepala urusan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, juga akan ikut dalam pembicaraan tersebut.

Pernyataan resmi menyebutkan bahwa pertemuan tingkat menteri ini bertujuan untuk memajukan diskusi mengenai perlunya keterlibatan internasional dalam perdamaian dan keamanan di Timur Tengah, serta tantangan dalam menciptakan konsensus internasional tentang solusi dua negara.

Pada bulan Mei lalu, Albares juga menjadi tuan rumah pertemuan diplomatik dengan kelompok ini, di mana mereka membahas langkah-langkah untuk mendorong solusi dua negara yang melibatkan pembentukan negara Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza berdampingan dengan Israel.

Halaman
x|close