Sosok Anura Kumara Dissanayake, Presiden Sri Lanka yang Baru saja Terpilih

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Sep 2024, 13:36
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake Presiden Sri Lanka, Anura Kumara Dissanayake (NDTV)

Ntvnews.id, Kolombo - Anura Kumara Dissanayake terpilih sebagai presiden ke-9 Sri Lanka, negara yang tengah dilanda krisis keuangan, dengan kemenangan yang signifikan pada Minggu.

Dissanayake, yang lebih dikenal dengan inisial AKD, menjadi presiden pertama Sri Lanka yang terpilih melalui putaran kedua pemilihan, setelah gagal mendapatkan 50 persen suara pada putaran pertama.

Dia berhasil mengumpulkan lebih dari 5,74 juta suara atau 55,89 persen dari total suara sah, mengalahkan saingan terdekatnya, pemimpin oposisi Sajith Premadasa, yang memperoleh sekitar 4,53 juta suara.

Sosok Anura Kumara Dissanayake

Dissanayake lahir pada November 1968 dari keluarga buruh di Anuradhapura, Provinsi Utara Tengah. Dia menempuh pendidikan di Thambuthegama Gamini Maha Vidyalaya dan Thambuthegama Central College.

Baca Juga: Jumlah Kementerian Era Prabowo jadi 44, Surya Paloh: Itu Hak prerogatif Presiden

Sejak masa sekolah, dia aktif di Janatha Vimukthi Peramuna (JVP), partai komunis dengan ideologi Marxis-Leninis. Dissanayake juga terlibat dalam gerakan politik mahasiswa di Universitas Kelaniya sebelum bergabung dengan politbiro JVP pada 1995.

Ayah satu anak ini telah menjadi anggota parlemen sejak September 2000. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian, Peternakan, Tanah, dan Irigasi pada 2004-2005 serta ketua oposisi pada 2015-2018.

Halaman
x|close