LIVE Breaking News: Tujuan Pemeriksaan Setempat TKP Vina, Otto Hasibuan: Agar Hakim Teryakinkan dan Dapat Memutus dengan Tepat

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Sep 2024, 16:20
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Ketua Tim Kuasa Hukum enam terpidana, Otto Hasibuan di lokasi pemeriksaan TKP kasus Vina/tangkapan layar NTV Ketua Tim Kuasa Hukum enam terpidana, Otto Hasibuan di lokasi pemeriksaan TKP kasus Vina/tangkapan layar NTV

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Tim Kuasa Hukum enam terpidana kasus Vina, Otto Hasibuan mengatakan tujuan dari pelaksanaan pemeriksaan setempat atau cek lokasi tempat kejadian perkara (TKP) kasus kematian Vina dan Eky yang menjadi bagian dari Sidang Peninjauan Kembali (PK) enam terpidana adalah untuk kepentingan hakim di dalam memutus.

"Tujuan sidang setempat ini kepentingan hakim di dalam memutus. Meskipun yang memutuskan nanti hakim MA. Tapi majelis hakim Yang Mulia yang bertiga ini akan mencatat dan memberikan pendapat kepada MA. Setelah pemeriksaan setempat apa pendapat dia. Itulah tujuan dari dilakukannya pemeriksaa setempat ini," kata Otto Hasibuan seperti diberitakan NusantaraTV dalam program LIVE Breaking News, Jumat (27/9/2024).

Dalam pelaksanaan pemeriksaan setempat ini, kata Otto, nantinya akan dicocokan kesaksian-kesaksian yang disampaikan para saksi di persidangan dengan fakta di TKP.

"Jadi para saksi aka menjelaskan mereka duduk di mana. Berdiri di mana. Melihat ada kecelakaan motornya kaya apa? Bagaimana si Eky membawa motornya? Jam berapa dan sebagainya?" terangnya.

Sehingga dengan pengajuan pemeriksaan setempat ini, maka terbuktilah bahwa apa yang diputuskan oleh hakim ini sebenarnya tidak tepat.

"Itu gunanya," tandasnya.

Menurut Otto Hasibuan pemeriksaan setempat atau cek langsung ke TKP kasus Vina ini sangatlah penting. Pasalnya, selama ini hanya dengan bayangan saja. Tidak visual langsung dilihat.

Halaman
x|close