Ngeri! Penyakit Demensia Diprediksi Bakal Jadi Penyebab Kematian Terbesar Negara Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 02:15
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi galau Ilustrasi galau (Freepik)

Ntvnews.id, Australia - Demensia dan penyakit jantung jadi penyebab kematian utama di Australia, menurut Biro Statistik Australia yang menyatakan 250 kematian akibat kedua kondisi tersebut.

Melansir dari The Guardian Kamis, 10 Oktober 2024, di tahun 2023 tercatat 183.131 kematian dan lima penyebab kematian teratas adalah penyakit jantung, demensia (termasuk Alzheimer), penyakit serebrovaskular, kanker paru-paru, dan penyakit pernapasan bawah kronis.

Covid turun ke peringkat kesembilan sebagai penyebab kematian, dari peringkat ketiga pada tahun 2022.

Ilustrasi galau <b>(Freepik/ wirestock)</b> Ilustrasi galau (Freepik/ wirestock)

Jika tren kematian terus mengikuti lintasan yang diharapkan, demensia akan menjadi penyebab kematian utama di Australia dalam beberapa tahun mendatang.

Selama 50 tahun terakhir, angka kematian akibat penyakit jantung iskemik (juga dikenal sebagai penyakit jantung koroner) menurun hingga 87,9% sementara demensia meningkat hingga 842,8%.

ABS mencatat bahwa pada puncaknya pada tahun 1968, penyakit jantung menyebabkan hampir sepertiga kematian, sementara demensia hanya menyebabkan 0,2%.

Lauren Moran, kepala statistik mortalitas ABS, menghubungkan perubahan tersebut dengan perbaikan perawatan medis dan populasi yang menua.

Halaman
x|close